Melanjutkan perjalanan dari Pulau Tengah, kami pun menuju Pulau Kecil. Letak pulau ini tidak begitu jauh dari Pulau Tengah, hanya sekitar 5 – 10 menit perjalanan dengan kapal. Sebagaimana kami katakan sebelumnya, bahwa Pulau Kecil ini adalah suatu pulau di Kepulauan Karimunjawa yang paling banyak terdapat ikannya.

Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang berukuran kecil. Kami tidak tahu pasti berapa luasnya dan apakah pulau ini adalah pulau resort atau bukan, tetapi yang jelas terdapat dermaga dan semacam rumah di areanya. Kali ini kami tidak akan snorkeling di pinggiran pulau sebagaimana sebelumnya, tetapi di bawah dermaga dan sekitarnya.

Dermaga Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Dermaga Pulau Kecil

Di dermaga inilah kami akan snorkeling, melalui celah bawah dermaga dan sekitarnya. Lho emang ga serem apa, kan biasanya banyak bulu babinya. Awalnya sih kami mikirnya begitu, tetapi begitu dari atas kapal kami melihat ribuan ikan ini, kami pun ga mikirin bulu babi lagi. 😀

Koloni Ikan di Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Koloni Ikan di Pulau Kecil

Sebelum kapal merapat di dermaga, kami sudah langsung bersiap-siap memakai snorkeling gear, mungkin karena kami khawatir ikan-ikan tersebut akan pergi sebelum kami sempat “bermain” dengan mereka. Ternyata kami salah, karena ikan-ikan ini tidak pergi, malah mendekat.

Underwater Dermaga Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Underwater Dermaga Pulau Kecil

Entah ikan-ikan ini menganggap kami semua unyu-unyu sehingga mereka langsung mendekat ataukah mereka menganggap kami membawa makanan? O, ya! Gue kasih tahu nih ya, yang namanya animal feeding atau dalam hal ini fish feeding apa pun bentuknya, mau roti, nasi, apa pun, jangan pernah kalian lakukan. Selain menyebabkan water bleaching, hal ini juga merubah pola hidup biota laut dari yang normalnya mereka mencari makan sendiri jadi terbiasa dikasih makan. Gimana kalau nanti ga ada yang kasih mereka makan lagi? Toh ga ada bedanya lho dengan kalian membuang sampah di lautan.

Snorkeling Bersama Ribuan Ikan di Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Snorkeling Bersama Ribuan Ikan di Pulau Kecil

Tak lama berselang, hujan pun turun membasahi kami yang sudah basah karena berada di dalam air. Bukan soal hujannya sih, tapi soal dinginnya itu lho. Eh tapi kenapa ya kalau nyelem malah jadi anget? *Tengok kanan-kiri barangkali ada yang pipis di dalam air*

Bikini Girls di Dermaga Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Bikini Girls di Dermaga Pulau Kecil

Begitu hujan berhenti, kami pun beranjak naik ke kapal untuk menuju Pulau Gusung Tengah. Meskpun kami tidak lama di Pulau Kecil tapi kami puas sekali berenang di tengah ribuan ikan.

Selesai Snorkeling di Pulau Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Selesai Snorkeling

Bagi kalian yang sudah pernah ke Kepulauan Karimunjawa pasti tahu deh dimana atau seperti apa itu Pulau Gusung Tengah. Tapi gue mau tanya deh, yang bener itu “Pulau Gusung” atau “Pulau Gosong”?

@TravellersID

#AnakWiken | Freelance Digital Content Creator (web article, social media management, and videography) | Sony A6300 & DJI Mavic Pro user.