Backpacking ke Karimunjawa? Ini Pilihan Transportasinya

Backpacking ke Karimunjawa? Ini Pilihan Transportasinya

Backpacking ke Karimunjawa? Ini Pilihan Transportasinya

[kads group=”Post (Top)”]

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 35,769 orang.

Kepulauan Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Kepulauan Karimunjawa mempunyai luas daratan ±1.500 hektar dengan luas perairan ±110.000 hektar. Saat ini Kepulauan Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang dikenal dengan nama Taman Nasional Laut Karimunjawa. Anda berencana mengunjungi Kepulauan Karimunjawa? Berikut kami sajikan informasi mengenai transportasinya.

Gerbang Selamat Datang, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Gerbang Selamat Datang, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Karena termasuk di dalam wilayah Kabupaten Jepara, maka untuk menuju Kepulauan Karimunjawa Anda harus terlebih dahulu menuju ke Jepara. Namun demikian, Anda juga bisa menuju Kepulauan Karimunjawa melalui Kota Semarang, bagian ini akan kami sampaikan terakhir. Kabupaten Jepara berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan.

Bus Bejeu (Rute Jakarta - Jepara)

Bus Bejeu (Rute Jakarta – Jepara)

Jika Anda berasal dari Jakarta, cara termudah untuk mencapai Jepara adalah dengan naik bus langsung menuju Terminal Jepara. Anda bisa naik bus dari beberapa terminal di Jakarta dengan waktu keberangkatan yang berbeda-beda. Keberangkatan paling awal adalah dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus dan yang paling terakhir (malam) adalah dari Terminal Rawamangun. Tergantung jenis bus yang Anda naiki, untuk bus kelas bisnis (AC non-toilet) tarif berkisar antara Rp90.000,00 – Rp110.000,00 sementara bus kelas eksekutif (AC dan toilet) tarif berkisar antara Rp120.000,00 – Rp150.000,00. Anda juga harus memilih waktu yang tepat, karena pada peak season seperti Idul Fitri, Natal, dan Idul Adha, tarif bus akan mengalami kenaikan.

Bus Selamet (Rute Jepara - Jakarta), Terminal Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Bus Selamet (Rute Jepara – Jakarta), Terminal Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Setelah Anda sampai di Terminal Jepara, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kartini menggunakan becak. Ongkosnya sekitar Rp10.000,00 – Rp15.000,00 tergantung pada kemampuan Anda menawar. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah nama, alamat kantor, tarif, dan nomor telepon bus yang melayani rute Jepara, termasuk juga taksi dan travel (shuttle).

Transportasi ke Jepara Tampilkan

Mayoritas bus dari Jakarta akan sampai di Jepara pada pagi hari, sekitar pukul 6 – 9 pagi. Waktu sampai ini menjadi penting karena Anda perlu menyesuaikan juga dengan waktu keberangkatan kapal. KMP (Kapal Motor Penumpang) Muria umumnya berangkat pada pukul 9 pagi namun akan diberangkatkan lebih cepat jika kuota sudah terpenuhi. Karena itu, untuk berjaga-jaga, Anda sudah harus sampai di Pelabuhan Kartini pada pukul 8 pagi, lebih cepat lebih baik tentunya. Waktu tempuh dari Pelabuhan Kartini menuju Pelabuhan Karimunjawa adalah sekitar 6 – 7 jam perjalanan.

KM Muria, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

KM Muria, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Jika Anda tidak betah berlama-lama di atas kapal, maka Anda bisa naik kapal motor cepat yang umumnya berangkat pada pukul 10.30 WIB atau pukul 14.00 WIB dengan waktu tempuh 1 jam 45 menit. Harga tiket untuk kelas eksekutif adalah sebesar Rp84.000,00 dan untuk kelas VIP adalah sebesar Rp104.000,00. Harga tiket dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu, Anda harus giat mencari info terbaru menjelang keberangkatan.

Kapal Express Bahari, Pelabuhan Kartini, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Kapal Express Bahari, Pelabuhan Kartini, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Berikut adalah jadwal KM Muria, Kapal Express Bahari, dan KMC Kartini menuju ke Kepulauan Karimunjawa dan sebaliknya:

Jadwal Kapal Ke Kepulauan Karimunjawa Tampilkan

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai transportasi menuju ke Kepulauan Karimunjawa, Anda pasti sudah siap kan untuk traveling kesana? Tunggu dulu, jangan terburu-buru. Pastikan Anda mengunjungi Kepulauan Karimunjawa pada musim yang tepat, yaitu umumnya pada musim kemarau atau di luar bulan November – Februari, karena pada waktu-waktu ini ombak cenderung sedang tinggi dan sering menyebabkan kapal tidak mau berangkat. Anda tentu tidak mau terjebak di Kepulauan Karimunjawa bukan? Selamat berlibur! #SaveTrip ya.

This slideshow requires JavaScript.

11 thoughts on “Backpacking ke Karimunjawa? Ini Pilihan Transportasinya

Comments: