XPLOR Forum, Tempat Modusin Rangers @XLCare

XPLOR Forum, Tempat Modusin Rangers @XLCare

XPLOR Forum, Tempat Modusin Rangers @XLCare

[kads group=”Post (Top)”]

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 150 orang.

Di suatu sore yang hujan saat sedang menunggu jam pulang kantor dan hujan reda, masuklah sebuah DM yang dilanjutkan oleh e-mail dari seseorang yang memintaku untuk mencoba sebuah online forum baru, yaitu XPLOR Forum.

Jujur, aku bukan tipe orang yang suka bermain di online forum seperti itu. Di Kaskus misalnya, aku hanya menggunakannya sebatas kalau sedang mencari / menjual barang yang aku butuhkan. Di forum BPI pun dulu aku hanya menggunakannya ketika hanya ingin mencari teman share cost untuk traveling, bahkan sudah lama aku tidak aktif.

Seperti halnya dua online forum tersebut, aku pun agak malas untuk mencoba XPLOR Forum meski akhirnya aku pikir tak ada salahnya mencoba. Layaknya sebuah hubungan, kadang kalau tidak coba dijalani, kita tidak akan tahu cocok atau tidak. Kan?

Beberapa saat setelah registrasi, aku mencoba mengeksplorasi beberapa fiturnya dan langsung terkesima pada gambar “charlie’s angels” yang ada di pojok kanan bawah.

XPLOR Forum Footer

“Charlie’s Angels” KW 17

Tahapan registrasi XPLOR Forum ini cukup mudah, kita tinggal klik tombol “Daftar”, mengisi data calon mempelai diri, verifikasi alamat e-mail, nomor sepatu ponsel, dan upload foto profil. Selanjutnya? Aku pun tak paham. Aku hanya diundang untuk mencoba XPLOR Forum tanpa diberikan uang saku pembekalan pengetahuan yang cukup.

Well, since “kepo” is my middle name, aku yakin tak butuh panduan pemakaian (Read: klik aja semuanya dan baca biar tahu ini tuh apaan). Buat kalian yang bingung, berikut adalah beberapa hal yang aku “temukan” dari hasil kepo:

  1. XPLOR Forum adalah sebuah forum khusus yang dibuat oleh PT XL Axiata yang dikhususkan (mungkin) bagi para pelanggannya untuk mencari informasi seputar produk, layanan, meminta bantuan teknis dan lain-lain terkait operator telepon seluler XL.
  2. Selain itu, XPLOR Forum juga menyediakan tempat bagi penggiat aktivitas tertentu untuk berbagi pengalaman, cerita, panduan, tips, dan informasi lain. Saat tulisan ini dibuat, ada 9 “Community Forum” tempat kita bisa mencurahkan segenap perasaan berbagi.
  3. Sebagaimana situs web pada umumnya, ia pasti akan memuat panduan cara penggunaan, yang di XPLOR Forum bernama “Aturan Main”, yang tampilannya cukup ciamik untuk seseorang yang “gaptek” sepertiku. Aku sempat terheran-heran karena script pada halaman ini tidak kaku, ia bergerak memberikan panduan. *Norak mode: On*.
  4. XPLOR Forum menggunakan beberapa sistem “penilaian” member-nya, yaitu dengan “Wow!”, “Rank”, dan “Badge”:
    • Kita disarankan untuk memberikan “Wow!”, atau yang di Kaskus dikenal dengan sistem rating bintang, ketika menemukan sebuah thread post yang keren sebagai bentuk apresiasi.
    • “Rank” atau “Ranking” untuk menandakan seberapa tinggi reputasi kita di XPLOR Forum tersebut yang bisa didapatkan dengan cara: Bikin thread yang berkualitas, membantu jawab Xplorer lain yang bertanya di forum, dan dengan mendapatkan “Wow!” sebanyak-banyaknya.
    • Sementara “Badge” atau lencana bisa didapatkan dengan berbagai cara untuk menandakan makin banyak koleksi “Badges” yang kita miliki = makin keren reputasi kamu. Uniknya, “Badge” ini bisa ditukar dengan berbagai hadiah dari XL, mulai dari pulsa sampai diskon pembelian produk.
  5. Selain itu, ada juga “XL Idea”, ruang khusus untuk Xplorer mengirimkan ide, mengkritik ide yang ada, mengapresiasi (Wow!), mendiskusikan lebih lanjut, and the best part is ide yang kita submit bisa saja diwujudkan oleh XL.
  6. Buat anak Kaskus, kayaknya di sini ga ada sistem “Sundul, Gan!” deh. #pukpuk

XPLOR Forum Walkthrough

Dari keseluruhan fitur di XPLOR Forum, bagiku, tak ada yang spesial. Sampai aku menemukan sebuah halaman khusus yang bernama “Meet The Superheroes”. Dengan adanya halaman ini, aku sekali lagi terkesima oleh cara XL dalam membuat segala layanan online-nya tetap terasa personal, yang tampaknya sudah menjadi kultur mereka. Di halaman tersebut diinformasikan gambaran singkat masing-masing “Community Forum” dengan latar belakang singkat tentang pengasuh forumnya. *asuh aku dong , kakak!*

Ada @freeyudis (Community Manager) yang mempunyai inisiatif untuk membuat XPLOR Forum. Ada @arnantoakbar, yang membuat User Interface XPLOR Forum sekaligus moderator di Apps & Open Source Community. Lalu ada @pzzyy, seseorang yang nge-DM dan mengirim e-mail padaku tentang XPLOR Forum sekaligus moderator Kuliner & Adventure Community (Tips: jangan pernah tanya arah jalan sama Intan, nyesel ntar).

Moderator Toys Collectibles Community digawangi oleh @adityamajid sebagai seorang ayah yang punya banyak koleksi Action Figure. Ada juga @oliveayuu, biduanita penyanyi lagu “Da Aku Mah Apa Atuh”, yang bertugas sebagai moderator Movie Community (Nonton berdua yuk, Kak Olive?). Disusul oleh @alinirenemoms to be yang memoderatori Parenting Community (Kita belum pernah ketemu lho, Kak~).

Kemudian ada @harrysaputra, yang menurut kabar burung adalah seorang pria sporty berbadan ramping, moderator Sports Community. @alkathiraafuad, seorang model dan tukang foto keliling yang baru saja berulang tahun dan bertugas memoderatori Photography Community. Ada juga @fachribasalamah, pria impor, ganteng, kebapakan, mantan penyiar kenamaan, yang bertugas sebagai moderator Music CommunityLast but not least, ada @MeggaNPutri, mojang priangan yang setiap 2 minggu sekali pulang ke Bandung-dengan-alasan-kangen-rumah-padahal-mah-kangen-pacar-sementara-pacarnya-cuma-setahun-sekali-aja-ke-Jakarta-nya-karena-rasa-sudah-begitu-jauh yang bertugas sebagai moderator Fashion Community (Mega kapan putusnya? #dijambak).

Kalian udah ngerti apa itu XPLOR Forum? Belum? Sama. Kalau gitu, silakan daftar di sini, lalu kita mulai modusin Rangers @XLCare yang kece-kece dan udah pada punya pacar / suami / istri itu. #lahhh

XPLOR Forum Registration

Form Registrasi “XPLOR Forum”

2 thoughts on “XPLOR Forum, Tempat Modusin Rangers @XLCare

Comments: