Panduan Wisata Kota Batu

Panduan Wisata Kota Batu

Panduan Wisata Kota Batu

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 2,461 orang.

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius. Wisatawan asing sering menyebut kota ini dengan sebutan “Little Switzerland”.

TravellersID - Visit Batu

Kota Batu terdiri atas 3 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 19 desa dan 5 kelurahan. Kecamatan di Kota Batu adalah Batu, Bumiaji, dan Junrejo.

Sejak abad ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan, karena wilayahnya adalah daerah pegunungan dengan kesejukan udara yang nyaman, juga didukung oleh keindahan pemandangan alam sebagai ciri khas daerah pegunungan.

Pada waktu pemerintahan Raja Sindok, seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo diperintah Raja Sendok untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan di pegunungan yang didekatnya terdapat mata air. Dengan upaya yang keras, akhirnya Mpu Supo menemukan suatu kawasan yang sekarang lebih dikenal sebagai kawasan Wisata Songgoriti.

Atas persetujuan Raja, Mpu Supo yang konon kabarnya juga sakti mandraguna itu mulai membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta dibangunnya sebuah candi yang diberi nama Candi Supo.

Air Terjun Coban Rondo, Batu, Jawa TImur, Indonesia

Air Terjun Coban Rondo, Batu, Jawa TImur, Indonesia

Ditempat peristirahatan tersebut terdapat sumber mata air yang mengalir dingin dan sejuk seperti semua mata air di wilayah pegunungan. Mata air dingin tersebut sering digunakan mencuci keris-keris yang bertuah sebagai benda pusaka dari kerajaan Sendok. Oleh karena sumber mata air yang sering digunakan untuk mencuci benda-benda kerajaan yang bertuah dan mempunyai kekuatan supranatural (Magic) yang maha dasyat, akhirnya sumber mata air yang semula terasa dingin dan sejuk akhirnya berubah menjadi sumber air panas. Dan sumberair panas itupun sampai saat ini menjadi sumber abadi di kawasan Wisata Songgoriti.

Wilayah Kota Batu yang terletak di dataran tinggi di kaki Gunung Panderman dengan ketinggian 680 sampai 1200 meter di atas permukaan laut, berdasarkan kisah-kisah orang tua maupun dokumen yang ada maupun yang dilacak keberadaannya, sampai saat ini belum diketahui kepastiannya tentang kapan nama “B A T U” mulai disebut untuk menamai kawasan peristirahatan tersebut.

Dari beberapa pemuka masyarakat setempat memang pernah mengisahkan bahwa sebutan Batu berasal dari nama seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin yang selanjutnya masyarakat setempat akrab menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu. Dari kebiasaan kultur Jawa yang sering memperpendek dan mempersingkat mengenai sebutan nama seseorang yang dirasa terlalu panjang, juga agar lebih singkat penyebutannya serta lebih cepat bila memanggil seseorang, akhirnya lambat laun sebutan Mbah Wastu dipanggil Mbah Tu menjadi Mbatu atau batu sebagai sebutan yang digunakan untuk Kota Dingin di Jawa Timur.

Peta Lokasi Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia

Peta Lokasi Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia

Sumber: Wikipedia Indonesia

Kesehatan

A. Rumah Sakit

  1. RSTP Batu
    Jl. A.Yani No.10-13, Batu
  2. Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata
    Jl. RA Kartini I, Ngaglik
  3. Rumah Sakit Baptis
    Jl. Raya Tlekung No. 1, Batu

[collapse]

B. Puskesmas

  1. Puskesmas Beji
    Desa Beji RT 01/04, Batu

[collapse]

Ikon Kesehatan

Perbankan

Spoiler

  1. Bank Mandiri
    Jl. Dewi Sartika No. 45, Batu
  2. Bank BNI
    Jl. Dewi Sartika No. 6, Batu
  3. Bank BRI
    Jl. Diponegoro No.161 A, Temas, Batu
  4. Bank BCA
    Jl. Panglima Sudirman No. 1, Batu
  5. Bank BPD Jawa TImur
    Jl. Diponegoro No.18, Batu
  6. Bank Syariah Mandiri
    Jl. Diponegoro No. 48, Batu
  7. Bank Danamon
    Jl. Dewi Sartika No. 8A, Batu

[collapse]

Ikon Bank

 

Dengan Pesawat

Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa TImur, Indonesia

Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa TImur, Indonesia

Bandara Abdul Rachman Saleh adalah bandar udara yang terletak di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kode ICAO-nya WARA (dahuluWIAS) dan kode IATA MLG. Selain melalui bandara ini, Anda juga dapat mengakses Kota Batu melalui Bandar Udara Internasional Juanda, yang terletak di Surabaya, Jawa TImur, Indonesia.

Maskapai Penerbangan (Abdul Rachman Saleh)

Maskapai Tujuan
Batavia Air Jakarta-Soekarno-Hatta (1x)
Garuda Indonesia Jakarta-Soekarno-Hatta (2x)
Sriwijaya Air Jakarta-Soekarno-Hatta (3x) Makassar-Sultan Hasanuddin (1x)
Wings Air Denpasar-Ngurah Rai (1x)

Maskapai Penerbangan (Juanda)

Maskapai Tujuan Terminal
AirAsia Kuala Lumpur A
Airfast Indonesia Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar, Timika B
Batavia Air Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar/Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Kupang, Makassar, Mataram, Palangkaraya, Pontianak, Yogyakarta B
Cathay Pacific Hong Kong A
China Airlines Singapura, Taipei-Taoyuan A
EVA Air Taipei-Taoyuan A
Express Air Makassar, Yogyakarta B
Garuda Indonesia Ambon, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Bandung, Denpasar/Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar, Mataram, Yogyakarta A
Garuda Indonesia operated by Citilink Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar/Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar B
Indonesia AirAsia Bangkok-Suvarnabhumi, Kuala Lumpur, Penang A
Indonesia AirAsia Bandung, Denpasar/Bali, Medan B
Kal Star Aviation Pontianak, Sampit, Pangkalan Bun B
Lion Air Singapura A
Lion Air Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar/Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Kendari, Kupang, Makassar, Manado, Mataram, Palangkaraya, Tarakan, Yogyakarta B
Merpati Nusantara Airlines Bandung, Banyuwangi, Denpasar, Jakarta-Soekarno-Hatta, Kupang, Makassar, Mataram B
Royal Brunei Airlines Bandar Seri Begawan A
Saudi Arabian Airlines Jeddah (saat umrah) A
SilkAir Singapore A
Sriwijaya Air Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Batam, Denpasar/Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Kupang, Manado, Mataram, Makassar, Semarang, Yogyakarta B
Trigana Air Service Pangkalan Bun B
Valuair Singapura A
Wings Air Denpasar/Bali, Mataram, Semarang, Yogyakarta B
Pacific Royale Airways Semarang B

Dengan Mobil/Bus/Kereta

Kota Batu terletak sekitar 100 Km di sebelah selatan Kota Surabaya. Anda dapat menempouh perjalanan dari Surabaya ke Kota Batu dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan. Kereta malam menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan Kota Malang. Terdapat juga beberapa jadwal kereta dari Surabaya setiap harinya. Kereta hanya sampai di Kota Malang, dari stasiun Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Batu dengan taksi/mobil sewaan.

Jika Anda menggunakan jalur udara melalui Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Batu dengan taksi/mobil sewaan dari bandara dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dan biaya sekitar Rp200.000 – Rp300.000.

Berkeliling

Angkutan Umum Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia

Angkutan Umum Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia

Kota Batu memiliki sarana transportasi dalam kota yang menjangkau hingga semua wilayah Kota Batu. Angkutan Kota tersebut antara lain:

dddddd"> ffffff"> eeeeee"> ffffff">
NAMA JALUR TRAYEK YANG DI LALUI TARIF
BSB A Pasar Besar – Jl KH Agus Salim – Alun-alun – TMP – Songgoriti – Kantor Pemkot – Jl Brantas – Jl Diponegoro – Jl Imam Bonjol Rp. 2500
BSB B Pasar Besar – Alun-alun – Kantor Pemkot – Songgoriti – TMP – Alun-alun – Jl KH Agus Salim Rp. 2500
Batu – Karang Ploso Pasar Besar – Jl KH Agus Salim – Jl Sudiro – Jl A Yani – BCA –

Ikon Penginapan

Di Kota Batu terdapat cukup banyak hotel berbintang dengan rate yang cukup tinggi. Jika Anda mengunjungi Kota Batu pada hari kerja di luar musim liburan sekolah, Anda sangat mungkin mendapatkan harga yang murah di hotel berbintang ini. Selain itu, hotel berbiaya murah juga tersedia disini dan jika Anda mengunjungi Kota Batu pada hari kerja, meskipun tanpa reservasi Anda akan hampir pasti menemukan banyak pilihan yang tersedia.

  • Kartika Wijaya Hotel, Jl Panglima Sudirman 127, Batu, ☎ +62 341 592.600.
  • Klub Bunga, Alamat: Jl Kartika 1, Batu, ☎ +62 341 594.777 (klubbunga@indo.net.id). Sebuah hotel yang sangat modern yang terletak di lahan seluas 12 hektar. Layanan penuh fasilitas, spa, pijat, restoran dll. Dari Rp 450.000 sampai 2.400.000.
  • Kampung Lumbung Boutique Hotel and Spa, JL Puskesmas Illustrasi 1 Raya Beji, ☎ +62 341 5025177 (grahabunga@grahabunga.com). Harga mulai dari Rp 450.000.
  • Metropole Hotel, Jl Panglima Sudirman 93, Batu, ☎ +62 341 591.759. Dari Rp 400.000.
  • Royal Orchid Garden, Jl. Indragiri 4, Batu, ☎ +62 341 593.083. Dari Rp 1.000.000.
  • Hotel Sumber, Jl. Darsono 14, Batu 65.311, ☎ +62 341 591.467. Dari Rp 200.000.
  • Villa Gunung Putri, Jl. Arumdalu No. 42, Songgoriti, ☎ 6281916339191. Mulai dari Rp80.000 – Rp 600.000.

Untuk daftar lebih lengkap mengenai akomodasi di Kota Batu, Anda dapat melihatnya di situs web Pemerintah Kota Batu. Namun demikian, penginapan yang paling wajib Anda tempati adalah pohon Inn yang terletak di dalam kawasan Jatim Park 2. Dengan lokasi, bentuk, dan suasana yang ditawarkan oleh peginapan ini, kami yakin akan membuat kunjungan Anda di Kota Batu menjadi semakin berkesan.

Pohon Inn, Jawa Timur Park 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Pohon Inn, Jawa Timur Park 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Sumber: Diterjemahkan dari Wikitravel.

Sate Kelinci, Batu, Jawa TImur, Indonesia

Sate Kelinci, Batu, Jawa TImur, Indonesia

  • Sate Kelinci
  • Jagung Bakar (wisata payung)
  • Berbagai produk apel, termasuk: sari apel, jenang dan dodol apel, cuka apel
  • Berbagai keripik: keripik singkong, kentang, dan aneka buah lainnya
  • Berbagai sari buah: Sari buah apel, dan lainnya
  • Soto ayam (terdapat beberapa kedai soto terkenal yang mejual soto ayam yang rasanya digemari masyarakat)
  • Ketan (jajanan pasar, terdiri dari ketan, bubuk kelapa dan gula manis)
  • Bakso (dikenal sebagai Bakso Batu)
  • Lalap ikan wader
  • Angsle (sejenis kolak dengan ketan dan serabi juga petulo yang sangat nikmat dengan suasana dingin kota batu)
  • Tape ketan hitam (bisa ditemukan pada pemandian cangar yang dapat menghangatkan tubuh)
  • Sate Ayam, Kelinci, dan Kambing khas Wisata Payung
  • Tahu Kentaki DHIGADHO (Gorengan tahu alami, dengan rasa yang khas rempah rempah pilihan)
  • Sego Bancakan, Ikan Bakar Lempung, Penyet-penyet, Jangan Lombok khas Batu di Kampung Lumbung
Keripik Apel, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Keripik Apel, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Sumber: Wikipedia Indonesia.

Agro Kusuma, Batu, Jawa Timur, IndonesiaAgro Kusuma

Nuansa alami pegunungan, Wisata Kebun Kusuma Agrowisata untuk anda dan keluarga. Jernihkan kembali pikiran anda dari semua kesibukan kerja dengan menikmati kesejukan dan keindahan Wisata Kebun Buah, Sayur dan Bunga Kusuma Agrowisata yang menambah kesan liburan anda bersama keluarga. Wisata Kebun Buah dan Sayuran Hidroponik menyediakan buah-buahan dan sayuran sehat yang segar (bebas pestisida) antara lain: Apel, Jeruk, Strawberry, Sawi, Tomat, Brokoli, Paprika, dll.

Batu Night Spectacular 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Specatular atau biasa yang disebut dengan BNS merupakan salah satu obyek wisata yang dikelola oleh satu manajemen dengan Jatimpark.  Diawali oleh satu ide bahwa belum pernah ada satu obyek wisata malam di Kota Batu, sedangkan potensi bagi pengembangan jenis wisata ini tersedia di wilayah Kota Batu, maka lahirlah obyek wisata ini. Lokasi yang terletak di jalan Oro-oro Ombo Kota Batu ini merupakan satu-satunya obyek wisata yang menawarkan nuansa malam, dengan memanfaatkan pemandangan malam di wilayah Kota Malang dan sekitarnya.

Candi Supo Songgoriti, Batu, Jawa Timur, IndonesiaCandi Supo Songgoriti

Candi Songgoriti merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di kawasan Hotel Songgoriti. Menurut kepercayaan warga sekitar, tempat ini dibuat untuk mencuci pusaka. Atas persetujuan Raja Sindok, Mpu Supo yang konon kabarnya juga sakti mandraguna membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta dibangunnya sebuah candi yang diberi nama Candi Supo. Ditempat peristirahatan tersebut terdapat sumber mata air yang mengalir dingin dan sejuk seperti semua mata air di wilayah pegunungan.

Taman Rekreasi Selecta, Batu, Jawa Timur, IndonesiaTaman Rekreasi Selecta

Taman rekreasi Selecta berada di lembah dengan ketinggian 1.100 m dpl dan suhu rata-rata 17 C. merupakan tempat pilihan sebagai cikal bakal pariwisata Kota Batu, termasuk bagian dari konsep tatanan wisata yang menggabungkan unsur keindahan dengan kesejukan alam pegunungan ke dalam sebuah karya monumental. Selecta atau oleh Belanda dulu dikenal juga dengan sebutan Swiss kecil, dibangun di area seluas 20 ha pada tahun 1928 oleh Royter Dewvild.

Jawa Timur Park 1, Batu, Jawa Timur, Indonesia (1)

Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park merupakan obyek wisata dengan konsep dasar yang memadukan secara serasi pendidikan dan pariwisata dimana anda bisa bermain dan belajar sekaligus dalam satu tempat dan waktu. Menyambut anda dengan wahana pendidikan yang sarat akan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi di rute awal, sekaligus menghantarkan anda pada wahana-wahana lain yang akan semakin membentangkan cakrawala pengetahuan bagi siapa saja yang berkunjung. Terdapat juga Galeri Belajar dengan Stadium Galeri Belajar yang mampu menampung hingga 300 siswa.

Museum Satwa, Jawa Timur Park 2Museum Satwa (1), Jawa Timur Park 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Museum Satwa merupakan Museum Terbesar dan terlengkap. Menyajikan satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, eropa dan antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer). Menggabungkan antara seni lukis, teknologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa. Di dalam museum pengunjung dapat menikmati galeri fosil yang berisi aneka macam fosil-fosil satwa seperti dinosaurus, T-rex.

Batu Secret Zoo (1), Jawa Timur Park 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2

Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektar tersebut adalah bagian dari Jatim Park 2, selain Pohon Inn dan Museum Satwa. Batu Secret Zoo memiliki beberapa koleksi hewan dari beberapa habitat yang berbeda, namun sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika. Binatang-binatang itu diantaranya adalah Singa Putih, Kijang Afrika, Burung Macau hingga berbagai reptil. Batu Secret Zoo pertama kali dibuka pada bulan Juni 2010.

Eco Green Park (1), Jawa Timur Park 2, Batu, Jawa Timur, Indonesia

Eco Green Park, Jawa Timur Park 2

Tempat yang bersebelahan dengan Batu Secret Zoo ini menawarkan 25 wahana edukasi. Beberapa di antaranya adalah Kompleks miniatur candi-candi terkenal di seluruh Jawa, Insectarium, Parrot Dunia, Jungle Adventure, Rumah Terbalik, Duck Kingdom, Dome Multimedia, Eco Journey, Plaza Music, Water Track, dan masih banyak wahana yang lainnya. Beragam wahana tersuguh di tempat rekreasi ini. Seperti wahana Rumah Terbalik, konsep wahana ini sangat unik karena terdapat sebuah rumah dengan kondisi terbalik, mulai dari bangunan hingga perabot yang ada di dalamnya.

Air Terjun Coban Rondo, Batu, Jawa TImur, IndonesiaAir Terjun Coban Rondo

Air terjun Cobanrondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut, tepatnya di desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Objek wisata ini pertama kali dibangun pada tahun 1980 dan merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Selain untuk tujuan wisata, air terjun ini juga digunakan untuk pengelolaan air minum untuk masyarakat.

Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur, IndonesiaAlun-alun Kota Batu

Laksana bunga yang tengah ranum, rapi indah dan menyejukkan hati, sehingga mampu menumbuhkan berjuta inspirasi bagi siapa saja. Begitu, Alun-alun Kota Batu kian harum dan mempesona. Tak hanya terindah di kawasan Asia Tenggara, namun populer seiring pesatnya kunjungan wisata yang mencapai dua juta orang per tahundi kota ini. Bahkan, menggeliatnya pertumbuhan ekonomi masyarakatnya mencapai level empat nasional, mampu menyentuh kalbu para tamu untuk menikmati alun-alun ini.

Sumber: Blog TravellersID dan Kota Wisata Batu.

Objek wisata di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang kami sebutkan di atas belumlah lengkap karena masih terdapat puluhan objek wisata lain. Oleh karena itu maka sangat wajar jika kota ini menyebut dirinya sebagai Kota Wisata Batu. Karena objek wisatanya yang sangat banyak, dengan waktu 1 (satu) minggu pun kami rasa Anda belum akan puas menjelajahinya.

Banyaknya objek wisata di kota ini membuat pengaturan itinerary dan lokasi Anda menginap menjadi sangat penting jika Anda berniat mengunjungi seluruh objek wisata yang ada di kota ini. Untuk dapat memudahkan kunjungan Anda ke kota ini, kami rasa penggunaan jasa tour and travel agent adalah yang paling memudahkan.

Tour and travel agent yang menyediakan jasa wisata di kota ini sangat banyak, kami sendiri pernah menggunakan jasa tour and travel agent dari Praktis Tour. Layanan yang ramah dan harga yang negotiable membuat kami cukup terkesan. Namun demikian Anda juga dapat menggunakan jasa tour and travel agent lainnya.

Selain tour and travel agent, berikut adalah beberapa nomor penting di Kota Batu yang wajib Anda catat:

  • Kantor Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batu
    0341 – 511600
  • Pusat Info Pariwisata Kota Batu
    0341 – 591706
  • Kepolisian Resort Kota Batu
    0341 – 512233 / 599045
  • RS Baptis Kota Batu
    0341 – 594161
  • RS dr. Etty Asharto
    0341 – 591054
  • RS Umum dan Paru
    0341 – 591036
  • RS Hasta Brata
    0341 – 591067

Comments: