#NubieTraveller Monthly Blog Competition: “The 1st Step”

#NubieTraveller Monthly Blog Competition: “The 1st Step”

#NubieTraveller Monthly Blog Competition: “The 1st Step”

[kads group=”Post (Top)”]

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 846 orang.

“Wah dia mah udah expert, hampir seluruh daerah di Indonesia udah dia datangi, ke luar negeri aja sering banget.” Pernahkah kalian mendengar, mengucapkan, atau terpikir kata-kata ini? Ya, dunia traveling di Indonesia saat ini sedang memprihatinkan, setidaknya menurutku. Mulai ada pembagian antara “expert” dan “pemula”. Semakin banyak destinasi yang sudah dikunjungi oleh seseorang maka dia akan dilabeli sebagai “expert” dan bagi orang yang baru saja mulai traveling –sepertiku- maka label kami adalah “pemula (newbie)”. Apa benar demikian? Bisa ya, bisa juga tidak, tergantung pada bagaimana kamu melihatnya.

Expert vs Newbie

Expert vs Newbie (Ilustrasi). Sumber: disini.

Tak dapat dipungkiri memang, saat ini traveling telah menjadi “jenis pekerjaan” baru. Dengan traveling kita bisa mendapatkan penghasilan, entah dari tulisan yang kita kirimkan ke media massa atau pun foto-foto ciamik yang kita jual. Tak sedikit juga orang yang meninggalkan pekerjaan dan pendidikannya untuk menjadi seorang “paid traveler“. Siapa sih yang ga mau jalan-jalan gratis sekaligus dibayar? Aku pun mau, mungkin. Apakah aku iri? Mungkin. Tapi bukan itu intinya, label “expert” dan “newbie” lah yang meresahkanku.

Tanpa bermaksud berdamai dengan pe-label-an tersebut, aku memilih untuk melabeli diriku sendiri sebagai “newbie”, dari awal sampai kapan pun. Untuk itulah “#NubieTraveler Monthly Blog Competition” ini hadir, dari “newbie” untuk yang juga merasa dirinya sebagai “newbie”.

#NubieTraveler adalah lomba travel blogging bulanan. Setiap bulan (edisi) akan ada tema khusus yang dijadikan dasar oleh peserta dalam mengikuti lomba. Juri pun akan diganti setiap bulannya, tidak akan ada juri yang sama berturut-turut. Pemilihan tema dan juri untuk edisi berikutnya tergantung pada rekomendasi juri sebelumnya dan hasil diskusi antara penyelenggara dengan pemenang lomba di edisi sebelumnya.

NubieTraveler Flyer (The 1st Step) - Web

“The 1st Step”

“The journey of a thousand miles begins with a single step.”
(Lao Tzu)

Langkah pertama dapat berarti permulaan, yaitu permulaan sebuah perjalanan atau hidup baru. Langkah pertama dapat berarti pembuktian diri, yaitu saat kita melakukan sesuatu yang sebelumnya kita kira tidak dapat dilakukan. Langkah pertama juga dapat berarti filosofis, yaitu saat pertama kali kita menyadari makna sebuah perjalanan. Langkah pertama punya makna yang berbeda bagi masing-masing orang. Jadi apa makna langkah pertama (The 1st Step) buat kamu? Sila tulis cerita tentang perjalanan kamu dengan tema tersebut.

Juri

Juri untuk edisi bulan Juli 2013 dengan tema “The 1st Step” adalah Farchan Noor Rachman (@efenerr), eks petualang ACI detik.com tahun 2011.

Periode Lomba

  • Penulisan: 06 – 20 Juli 2013
  • Penjurian: 21 – 28 Juli 2013
  • Pengumuman: 31 Juli 2013

Syarat dan Ketentuan

  1. Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, selama merasa dirinya adalah “newbie”.
  2. Peserta wajib mempunyai blog, baik yang berbayar (domain pribadi) maupun yang gratisan (WordPress, Blogspot, Kompasiana, dll.).
  3. Peserta wajib membaca dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam lomba ini.
  4. Peserta hanya diperbolehkan menulis 1 (satu) artikel yang akan diikutkan dalam lomba di edisi berjalan.
  5. Artikel ditulis sesuai dengan tema di edisi berjalan dalam Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris diperkenankan hanya jika belum ada padanan katanya dalam Bahasa Indonesia. Panjang artikel minimal sebanyak 800 kata dan maksimal sebanyak 2.000 kata.
  6. Artikel harus orisinil, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, bersifat non-fiksi, dan menceritakan tentang perjalanan.
  7. Artikel lebih disukai jika: a) tidak bersifat eksploitatif; b) tidak terpaku pada destinasi / objek wisata / event tertentu. Perjalanan bisa dilakukan dimana pun, bahkan di pasar yang ada di dekat rumah kalian; c) memuat unsur responsible tourism.
  8. Artikel wajib dibagikan di jejaring sosial, khususnya Twitter dan Facebook dengan format: “Judul” | link | #NubieTraveler (tagar sesuai tema).
    Contoh: “Semeru, Pertama dan Terakhir Kalinya Aku Mendaki” | http://wp.me/p2IBqK-1xC | #NubieTraveler #The1stStep
  9. Peserta wajib mengirimkan judul dan link artikel-nya melalui form komentar di halaman publikasi lomba pada edisi berjalan yang mencakup: nama lengkap, username Twitter, judul dan link artikel.
  10. Jika dirasa perlu, “Syarat dan Ketentuan” lainnya akan diatur dan ditetapkan kemudian.

Pemenang

Dari seluruh peserta yang mengikuti lomba, akan dipilih 2 orang pemenang yang dibagi dalam 2 kategori, yaitu Pemenang Pilihan dan Pemenang Favorit.

  1. Pemenang Pilihan adalah pemenang yang dipilih oleh juri.
  2. Pemenang Favorit adalah pemenang yang dipilih oleh penyelenggara berdasarkan popularitas artikel yang dilihat dari jumlah pembaca, jumlah dan kualitas komentar, jumlah share di jejaring sosial, dan pertimbangan lain yang dirasa perlu.

Hadiah

Hadiah belum tentu sama di setiap edisi, tergantung pada ketersediaan dana dari penyelenggara dan sponsor (jika ada). Di edisi bulan Juli 2013 dengan tema “The 1st Step” ini, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa:

  1. Pemenang Pilihan: voucher pulsa senilai Rp100.000,00; hammock anti nyamuk dari @JuliwaOutdoor, dan 2 buah buku tentang fotografi karangan @w_dhars.
  2. Pemenang Favoritvoucher belanja di @selentingdotcom senilai Rp100.000,00, 1 buah kaos @TravellersID, 2 buah buku tentang fotografi karangan @w_dhars.
  3. Selain hadiah tersebut di atas, karya pemenang akan di unggah di situs web Travellersid (www.travellers.web.id), namun hak cipta dan hak atas kekayaan intelektual tetap melekat pada pemenang.

Pemenang akan dihubungi via e-mail travellers.id@gmail.com dengan subject Pemenang #NubieTraveler “The 1st Step”.

Kewajiban Pemenang

Selain mendapatkan hak berupa hadiah, pemenang juga berkewajiban untuk:

  1. Bersama dengan penyelenggara menentukan juri untuk lomba edisi berikutnya. Note: juri edisi berjalan berhak merekomendasikan beberapa nama juri untuk edisi berikutnya.
  2. Bersama dengan juri edisi berikutnya dan penyelenggara menentukan tema untuk lomba di edisi selanjutnya.
  3. Mempublikasikan detail lomba (seperti yang ada di halaman ini) dan memberikan gambaran tentang tema yang dipilih.
  4. Mempublikasikan lomba edisi berikutnya di jejaring sosial yang dimiliki.
  5. Membantu penyelenggara di lomba edisi berikutnya.

Berikut adalah nama lengkap, judul dan link artikel peserta “#NubieTraveler Monthly Blog Competition” edisi bulan Juli 2013 dengan tema “The 1st Step”:

  1. Nama: Danan Wahyu Sumirat
    Judul: 1 Step 10 Lessons (1 Langkah 10 Pelajaran)
    Twitter: @dananwahyu
  2. Nama: Olive Bendon
    Judul: Sejumput Asa Untuk Toraja
    Twitter: @oli3ve
  3. Nama: Muhammad Julindra
    Judul: Jawabku…
    Twitter: @masjuli
  4. Nama: Hesty Susanti
    Judul: Semburat Langkah dalam Bayangan Hujan
    Twitter: @maktjik
  5. Nama: Dimas Agil Roeseno Kambuna
    Judul: Inspirasi dan Jiwa Petualang dari Aceh
    Twitter: @kamboen
  6. Nama: Arista Muji Eviyanti
    Judul: Langkah Pertamaku di Mulai dari Obrolan Buku
    Twitter: @Risacotta
  7. Nama: Putri Sari Soraya
    Judul: Si Cantik dari Negeri Rafflesia
    Twitter: @putrissoraya
  8. Nama: Ananda Rasulia Wirawan
    Judul: Ray of Light Hunting – Goa Grubuk, Jawa Tengah
    Twitter: @JengNanda
  9. Nama: Ahmad Khoirussyifa Amrullah
    Judul: Orang Jakarta Nyebutnya Semeru (Pake K)
    Twitter: @syifaahmad90
  10. Nama: Leoni Rahmawati
    Judul: Menguji Mental di Gunung Gede
    Twitter: @LeoniRahma
  11. Nama: Romdhona Prianto
    Judul: 14 Langkah Kecil
    Twitter: @shiromdhona
  12. Nama: Suprapti
    Judul: Melumpur
    Twitter: @andspero
  13. Nama: Alvie Deliana
    Judul: Semeru dan Mimpi Backpacker Pemula
    Twitter: @alvie_de

 

 

30 thoughts on “#NubieTraveller Monthly Blog Competition: “The 1st Step”

Comments: