Mau Ke Gili Trawangan? Ini Pilihan Transportasinya

Mau Ke Gili Trawangan? Ini Pilihan Transportasinya

Mau Ke Gili Trawangan? Ini Pilihan Transportasinya

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 73,865 orang.

Dari area Pantai Senggigi ataupun Pantai Mangsit (Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia) menuju ke Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno (Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia), terdapat 2 alternatif: naik travel atau public transport. Karena ini kunjungan pertama kami dan kami cari yang paling mudah, kami memutuskan ikut travel yaitu Perama Tour and Travel Agent. Namun demikian, kami juga akan berikan petunjuk untuk menuju ke Gili Trawangan jika Anda memilih untuk menggunakan public transport.

Shuttle Bus Perama Tour and Travel Agent

Shuttle Bus Perama Tour and Travel Agent

Sekitar pukul 08.30 WITA kami dijemput dengan bus oleh pihak Perama untuk menuju Teluk Kodek lalu selanjutnya menaiki kapal mereka menuju Gili Trawangan. Jika Anda berangkat dari Sengggi Sentral atau Kota Mataram, maka jam keberangkatan adalah pukul 08.00 WITA. Titik keberangkatan adalah di kantor mereka yaitu Senggigi di Jalan Raya Senggigi (dekat Art Market) dan Mataram di Pejanggik Str. No. 66. Biaya untuk sekali keberangkatan adalah sebesar Rp150.000,00 (ke Gili Trawangan) dan Rp100.000,00 (ke Senggigi/Mataram). Karena kami memesan tiket PP Senggigi – Gili Trawangan, maka kami mendapat diskon Rp20.000,00 sehingga total biaya (PP) menjadi Rp230.000,00 per orang.

Voucher Perama Tour and Travel (Senggigi - Gili Trawangan)

Voucher Perama Tour and Travel (Senggigi – Gili Trawangan)

Perjalanan ke Teluk Kodek dari Holiday Resort Lombok membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jika Anda dari Senggigi atau dari Mataram waktu tempuhnya sekitar 45 – 60 menit. Sebagaimana perjalanan kami kemarin ketika menuju Senggigi, perjalanan menuju Telouk Kodek ini pun begitu menyenangkan, bahkan panorama alam yang tersaji lebih memukau. Kamera, meskipun sekedar kamera handphone, kami pun tak henti-hentinya mengambil gambar. Sejenak kami berpikir, jika suatu saat berkesempatan kesini lagi, kami akan mencoba untuk naik sepeda motor agar bisa lebih menikmati keindahan alamnya.

Sengigi Ke Gili Trawangan (1), Lombok Barat, NTB, Indonesia

Perjalanan Menuju Teluk Kodek, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Sekitar pukul 09.15 WITA kami pun tiba di Teluk Kodek. Terlihat di kejauhan kapal dari Perama sudah menunggu. Ukuran kapalnya sedikit lebih kecil ari public boat yang akan Anda naiki jika dari Pelabuhan Bangsal, mungkin karena memang kapasitasnya maksimal hanya 12 orang saja. Selain panorama yang indah tadi, yang juga menyenangkan jika kita ikut dengan Perama adalah waktu tempuh yang lebih efisien daripada menggunakan public transport, meskipun biayanya lebih mahalbut time is money right?

Perama Boat di Teluk Kodek, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Perama Boat di Teluk Kodek, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Tanpa perlu menunggu lama apalagi menunggu penumpang yang lain, kapal milik Perama ini pun berangkat dari Teluk Kodek menuju ke Gili Trawangan. Menurut crew dari Perama, waktu tempuhnya sekitar 10 menit saja, sedangkan jika Anda naik public boat dari Pelabuhan Bangsal membutuhkan waktu 45 – 60 menit. Bukan soal perbandingan waktu yang menjadi fokus kami saat itu, tetapi lebih kepada seberapa kencang kapal ini akan melaju, terlebih lagi kami melihat ombak saat itu cukup tinggi. Benar saja, meskipun tidak se-ekstrim seperti ketika kami dolphin tour di Teluk Kiluan, namun perjalanan kapal ini cukup membuat kami berteriak-teriak dan pegangan dengan erat. Menegangkan tetapi seru!

Perama Crew at Perama Boat, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Perama Crew at Perama Boat, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Setelah 10 menit perjalanan, dari kejauhan mulai tampak Gili Trawangan. Pasir putih di kejauhan sana benar-benar membuat kami kagum. Jika di kejauhan saja dapat membuat kami kagum, bagaimana jadinya bila kami sudah menginjakkan kaki disana? Sungguh tak terbayangkan.

Sekitar pukul 09.30 WITA kami pun tiba di Gili Trawangan. Pulau yang sudah lama kami idam-idamkan ini akhirnya berhasil kami capai dan menunggu untuk kami eksplorasi. Nantikan artikel berikutnya dimana kami akan membahas tentang beberapa fasilitas umum yang ada di Gili Trawangan dan kegiatan kami selama disana. By the way, berikut juga kami sampaikan pilihan alternatif transportasi bagi Anda yang ingin menuju ke Gili Trawangan dari Senggigi atau Mataram dengan public transport. Terima kasih banyak buat Mbak Era atas segala informasinya.

Gili Trawangan di Kejauhan, Lombok Utara, NTB, Indonesia

Gili Trawangan di Kejauhan, Lombok Utara, NTB, Indonesia

Jika Anda memlih untuk menggunakan public transport untuk menuju ke Gili Trawangan dari Mataram atau Senggigi, Anda terlebih dahulu harus ke Pelabuhan Bangsal, bisa naik taksi (sekitar Rp150.000,00), angkutan umum/engkel (Rp10.000,00). atau ojek (Rp50.000,00). Anda bisa naik engkel dari Cabang 4 Pasar Rembiga, sekitar 200 m dari bekas Bandara Selaparang, lalu turun di pertigaan Pelabuhan Bangsal. Dari pertigaan ini, Anda bisa jalan kaki sekitar 100 m untuk mencapai pelabuhannya atau bisa juga naik Cidomo (semacam andhong) dengan ongkos Rp5.000,00 – Rp10.000,00. Di pelabuhan Anda tinggal membeli tiket penyeberangan ke Gili Trawangan seharga Rp10.000,00 (September 2012). Total perkiraan waktu tempuh yang Anda butuhkan adalah sekitar 2 – 2,5 jam, ini belum ditambah dengan waktu menunggu kapal di Pelabuhan Bangsal, karena kapal baru berangkat setelah penuh oleh penumpang. Pastikan sebelum pukul 16.00 WITA Anda sudah sampai di Pelabuhan Bangsal karena kapal hanya beroperasi maksimal pukul 17.00 WITA.

Nyari hotel di Gili Trawangan dengan harga yang bersahabat? Tawar aja di Travelio.com!

Cari dan Tawar Hotel di Gili Trawangan

Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Indonesia

Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Indonesia

 

24 thoughts on “Mau Ke Gili Trawangan? Ini Pilihan Transportasinya

  1. Lombok Cab

    halo, bantu jawab ya… kalo mau explore lombok bisa rental motor, di sengigi banyak kok. kalo ingin lebih nyaman, sewa mobil+driver. jadi tinggal bikin itinerary aja selanjutnya serahkan sama drivernya. sya siap bantu buat keduanya ☺.

    ke gilis bisa menginap bisa gak, asal tau jadwal penyebrangan aja (7am-5pm). oiya selain gilis, di lombok ada destinasi air terjun dan pantai selatan yang gak kalah keren loh… sebisa mungkin kunjungi sebanyak2nya tempat biar gak nyesel nantinya… 😀👍

  2. Dewi-Kristie

    Hello,

    Trimakasih banyak atas info nya.

    Rencana nya kami di Lombok dari tgl 30 juli s/d tgl 5 agustus pada th ini 2017.
    Kami tinggal nanti di Jalan Raya Senggigi.
    Enak nya naik apa ya kalau kita mau ke sana ke sini?
    Terus kami juga ada rencana pergi ke Gili Trawangan nanti. Enak nya juga naik apa yah?
    dari Senggigi ? Apa kita musti nginap di Gili Trawangan ?

    Trimakasih sebelum nya
    dexstie@gmail.com

Comments: