Menuju Mangsit dan Senggigi: Jauh, Murah, dan Menyenangkan

Menuju Mangsit dan Senggigi: Jauh, Murah, dan Menyenangkan

Menuju Mangsit dan Senggigi: Jauh, Murah, dan Menyenangkan

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 6,237 orang.

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada disana. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan (Wikipedia). Berbekal return tiket promo dari Garuda Indonesia, maskapai penerbangan favorit kami, seharga Rp854.800,00 di tanggal 28 – 30 September 2012 yang kami beli sejak bulan Februari 2012 yang lalu, kami pun berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Lombok.

Tiket CGK - LOP (28 September 2012)

Tiket CGK – LOP (28 September 2012)

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA430 dari Bandar Udara International Soekarno-Hatta dijadwalkan berangkat pada pukul 10.50 WIB dan akan tiba di Bandar Udara International Lombok (BIL) pada pukul 13.50 WIB, 2 jam penerbangan plus 1 jam tambahan karena perbedaan zona waktu dari WIB (GMT+7) ke WITA (GMT+8). Dengan kenyamanan, keramahan, dan makan pagi menjelang siang yang diberikan oleh awak kabin Garuda Indonesia, 2 jam penerbangan tentu terasa singkat.

Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Setelah melalui proses landing, taxi, dan berkeliling sejenak di arrival gate, sekitar pukul 14.10 kami pun keluar dari BIL dan mencari loket penjualan karcis bus DAMRI yang akan membawa kami menuju Pantai Senggigi. Sambil “diburu” oleh sekawanan orang yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan pengunjung ke tempat tujuan (supir) dan setelah sedikit berputar-putar, akhirnya kami pun menemukan loket bus DAMRI yang kami cari. Letak loket ini berada di sebelah kanan setelah keluar dari pintu kedatangan menuju ke arah tempat parkir kendaraan (September 2012).

Loket Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Loket Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Bus DAMRI ini hanya melayani 2 rute, yaitu dari BIL ke Terminal Mandalika (Rp20.000,00) dan dari BIL ke Pantai Senggigi (Rp25.000,00), begitu pun sebaliknya. Terminal Mandalika terletak di Kota Mataram. Terminal ini adalah terminal inti sekaligus pool bus DAMRI untuk menuju ke seluruh daerah di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Jadi kalau kamu ingin menuju area lain di Pulau Lombok dengan public transportation, Pantai Kuta (Lombok) misalnya, kamu harus terlebih dahulu ke Terminal Mandalika lalu melanjutkannya dengan bus lain atau taksi.

Tiket Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Tiket Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Perjalanan dari BIL menuju Terminal Mandalika membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan, sementara ke area Senggigi Sentral membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Waktu tempuh bisa berbeda tergantung kecepatan mengemudi sang supir dan lamanya bus DAMRI ini berhenti di Terminal Mandalika. Namun demikian, karena kami menginap di Holiday Resort (Holiday Inn) Lombok yang terletak di Jalan Pantai Mangsit Senggigi, maka kami membutuhkan waktu tambahan sekitar 30 menit untuk dapat tiba di hotel. Sebagai catatan, bus DAMRI ini hanya akan mengantar penumpang sampai di area Senggigi Sentral atau Art Market Senggigi, tetapi sang supir bersedia mengantar kami sampai di hotel, tentu dengan sedikit biaya tambahan, seikhlasnya sih katanya.

Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Bus DAMRI, Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Perjalanan dari area Senggigi Sentral menuju Pantai Mangsit ini terbilang sangat menyenangkan, karena di sepanjang perjalanan kami disuguhi oleh panorama alam Lombok Barat, mulai dari jalan yang berkelok-kelok, bukit yang indah, hingga pantai yang memukau. Dari puluhan kota yang pernah kami kunjungi, baru kali inilah kami menjadi sangat antusias untuk melihat ke sekeliling di sepanjang perjalanan. Amazing!

Perjalanan Menuju Pantai Mangsit, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Perjalanan Menuju Pantai Mangsit, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Sekitar pukul 16.00 WITA kami pun tiba di Holiday Resort Lombok. Sebuah resort mewah yang menurut beberapa orang teman lebih tepat digunakan untuk liburan atau bulan madu, bukan untuk kerja. Sayang mereka tidak tahu, kalau kami sedang liburan. Setelah check in, beres-beres dan mengagumi fasilitas hotel ini, kami pun segera melangkahkan kaki menuju pantai. Bagian lain dari Travel Project “Visit Senggigi – Gili Trawangan” ini akan kami ceritakan lebih lanjut, nanti.

2 thoughts on “Menuju Mangsit dan Senggigi: Jauh, Murah, dan Menyenangkan

    1. facebook-profile-pictureTravellersID Post author

      Waktu itu sih gue tanya ke pengelola DAMRI-nya, katanya itu bus bakal ada smp pesawat terakhir. Sama aja sih kayak bus DAMRI bandara lain. Insya Allah masih ada kok.

      Salam.

Comments: