Aston Samarinda Hotel and Convention Center, Bintang 4 Yang Minim Fasilitas

Aston Samarinda Hotel and Convention Center, Bintang 4 Yang Minim Fasilitas

Aston Samarinda Hotel and Convention Center, Bintang 4 Yang Minim Fasilitas

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 2,812 orang.

Aston Samarinda Hotel and Convention Center (Aston HCC) adalah sebuah hotel bintang 4 yang terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah (Samarinda Seberang), Samarinda, Kalimantan Timur 75112, Indonesia. Hotel yang dibangun pada tahun 2009 ini memiliki 99 kamar dan suites dengan fasilitas umum seperti safety deposit box, layanan kamar, kolam renang indoor lengkap dengan poolside bar, laundry / dry cleaning service, lift dengan kartu akses khusus, restoran, coffee shop, dan akses langsung ke Samarinda Central Plaza.

Exterior, Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Exterior Aston Samarinda HCC. Gambar diambil dari sini.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, sekitar jam 21.00 WITA kami (gue dan si bos) pun tiba di hotel ini. Berkat bantuan salah seorang kolega, gue dapat rate miring sebesar Rp550.000,00 di kamar Deluxe, padahal internet rate-nya aja sekitar Rp680.000,00. Namun demikian, secara personal gue tetap akan berpikir ulang untuk menginap di hotel ini meski dengan rate miring itu, mahal euy buat backpacker kayak gue. Saat check ingue minta kamar smoking sementara bos gue di kamar non-smoking.

Lobby Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Lobby Aston Samarinda HCC. Gambar diambil dari sini.

Deluxe Room di Aston HCC mempunyai luas 25 meter persegi yang menawarkan pemandangan Sungai Mahakam dan kota Samarinda. Pemandangan ini hanya dapat dinikmati di tipe kamar ini dan Junior Suite, sementara di tipe kamar Superior hanya mendapatkan pemandangan kota saja. Fasilitas yang tersedia adalah sitting area, AC, pengering rambut, telepon IDD, lemari pakaian dan sandal. Tapi sayang, tidak tersedia fasilitas Wi-fi di kamar. Ini nih yang payah, hotel bintang 4 kok ga ada Wi-fi di kamar coba. Pfftt!!!

Deluxe Room (Queen Bed), Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Deluxe Room (Queen Bed)

Selain itu juga terdapat televisi LCD 32 inchi dengan layanan TV kabel, meja untuk menulis, fasilitas pembuat kopi / teh, dan mini bar. Untuk akses internet gratis (Wi-fi) bisa di akses di area lobi saja. Sementara untuk akses internet di kamar, kalian bisa akses via kabel LAN dengan tarif sekitar Rp50.000,00, gue lupa pastinya. Males banget kanhomestay atau penginapan lain dengan rate yang lebih murah aja bisa kasih akses Wi-fi gratis di kamar.

Deluxe Room Facilities, Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

TV, Mini Bar, dan Writing Desk

Bagaimana dengan kamar mandinya? Terdapat toilet duduk, wastafel, cermin, dan shower. Kamar mandinya pun terbilang cukup sempit buat gue. Sebenarnya bukan pada ukuran luasnya sih, tapi kalau dibandingkan antara harga yang gue bayar dengan fasilitas kamarnya secara keseluruhan, buat gue ini ga sebanding, apalagi kalau kalian baca review gue waktu menginap di Hotel Le Grandeur Balikpapanrate lebih murah tapi fasilitas lebih wah.

Bathroom, Deluxe Room, Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Wastafel dan Toilet

Sarapan disediakan dari pukul 06.00 – 10.00 WITA di restoran utama yang terletak di dekat lobi. Menu yang disediakan pun beragam (buffet), mulai dari masakan Indonesia sampai dengan masakan internasional (Eropa). Rasa masakannya enak sih, standar hotel bintang 4 lah. Fasilitas umum yang lain yang ga sempat gue nikmatin dan gue sesali adalah kolam renang indoor. Itu sumpah keren banget lho.

Kolam Renang Indoor, Aston Samarinda HCC, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Kolam Renang Indoor. Gambar diambil dari sini.

Secara personal, kalau harus bayar sendiri untuk menginap di hotel ini, gue  kan berpikir ulang, untung aja kali ini yang bayar adalah kantor. Kalau harus dikasih rating untuk hotel ini, dalam skala 1 – 10 berdasarkan pengalaman gue ini, gue cuma bisa kasih angka 6. Harusnya sih 5, tapi view Sungai Mahakam dan lezatnya sarapan , layak untuk menambah angkanya.

Kira-kira seperti inilah pengalaman gue waktu menginap di Aston Samarinda Hotel and Convention Center tanggal 16 – 17 Desember 2012. Fasilitas yang gue sebutin di atas bisa bertambah atau pun berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Pengalaman dan sudut pandang setiap orang pun bisa berbeda-beda. Ada yang pernah menginap di hotel ini juga? Gimana pendapat kalian?

Comments: