Taman Sriwedari: Pusat Hiburan, Seni dan Budaya di Surakarta

Taman Sriwedari: Pusat Hiburan, Seni dan Budaya di Surakarta

Taman Sriwedari: Pusat Hiburan, Seni dan Budaya di Surakarta

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 17,726 orang.

Taman Sriwedari adalah sebuah kompleks taman di Kecamatan Lawiyan, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sejak era Pakubuwana X, Taman Sriwedari menjadi tempat diselenggarakannya tradisi hiburan Malam Selikuran, selain itu Taman Sriwedari juga pernah menjadi lokasi penyelenggaraan PON I pada tahun 1948. Taman Sriwedari dibangun oleh Paku Buwono X yang merupakan adik ipar KRMT Wirjodiningrat. KRMT Wirjodiningrat membeli tanah Sriwedari dari seorang Belanda bernama Johannes Buselar pada 1877 dengan status tanah RVE (hak milik).

Taman Sriwedari (1), Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Taman Sriwedari (1), Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pakubuwono X pada mulanya membuat Taman Sriwedari sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan, terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Pada awalnya, taman ini terletak di sebuah lokasi yang dinamakan Kebon Rojo atau Taman Raja, namun seiring perkembangan jaman, kebun binatang ini dipindah ke daerah jauh dari pusat kota. Saat ini, taman rekreasi ini mempunyai beberapa fasilitas hiburan baik untuk anak kecil maupun dewasa, restoran-restoran kecil, dan stand penjualan suvenir.

Taman Sriwedari (4), Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Taman Sriwedari (4), Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Di dalam kompleks taman ini juga terdapat sebuah atraksi yang terkenal yaitu wayang orang di GWO. Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari adalah sebuah gedung pertunjukan wayang orang yang ada di Taman Sriwedari. Tempat ini menyajikan seni pertunjukan daerah wayang orang yang menyajikan cerita wayang berdasarkan pada cerita Ramayana dan Mahabarata. Pada kesempatan tertentu juga digelar cerita-cerita wayang orang gabungan antara wayang orang sriwedari dengan wayang orang RRI Surakarta dan bahkan dengan seniman-seniman wayang orang Jakarta, Semarang, ataupun Surabaya.

Gedung Wayang Orang, Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Gedung Wayang Orang, Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Taman Sriwedari buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu Rp3.000,00 (tiga ribu rupiah) saja.

 

2 thoughts on “Taman Sriwedari: Pusat Hiburan, Seni dan Budaya di Surakarta

  1. Gatot YS

    Ada sedikit yang terlupakan. Di belakang Sriwedari dari sederetan toko buku yang terkenal degan seutan Toko Buku mBuri Sriwedari (BUSRI), dengan paguyubannya PPKBS yang memiliki moto “WISATA ILMU SRIWEDARI”. Disini para wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisa memilih2 buku, baik buku2 kuno yang berbahasa jawa, belanda, inggris dll, maupun buku-buku baru dan pelajaran sekolah semua ada disini. Bahkan Toko Buku mBuri Sriwedari (BUSRI) memberikan diskon sepanjang masa, pembeli tanpa menawarpun sudah akan langsung di diskon minimal 20% dari harga standar.
    Untuk pembeli yang sibuk bisa langsung menghubungi/ sms ke HP. 085725363887, maka buku pesanan akan diantar langsung sampai rumah.
    Bahkan untuk saat ini Toko Buku Mburi Sriwedari juga sudah online, jadi buku2 di Sriwedari ini sebagian bisa dilihat dari internet. salah satu Blog dari Toko Buku mBuri Sriwedari adalah:

    http://buku-rahma.blogspot.com
    http://www.tokobukuantikdanbekas.com

    Semoga sedikit tambahan info ini bermanfaat.

Comments: