Bedah Jepara: Museum RA. Kartini

Bedah Jepara: Museum RA. Kartini

Bedah Jepara: Museum RA. Kartini

Artikel / halaman ini telah dibaca oleh 3,412 orang.

Museum RA. Kartini adalah museum yang terletak di Jalan Alun-alun No.1, Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soemarno Djojomardowo, sementara peresmiannya dilakukan pada 21 April 1977 oleh Bupati Soedikto. Museum ini terdiri dari 3 buah gedung yang dibangun di atas area seluas 5.210 m2, yang apabila dilihat dari atas gedung-gedung tersebut berbentuk huruf K,T, dan N yang merupakan singkatan dari KARTINI.

Museum RA Kartini (1), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum RA Kartini (1), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Bangunan museum merupakan bangunan baru dan lokasinya dekat dengan Pendopo Kabupaten dan Alun-alun dengan harapan akan lebih menarik minat masyarakat maupun wisatawan.

Alun-alun, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Alun-alun, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Luas bangunan museum ini sekitar 890 meter persegi. Bangunan tersebut terdiri dari tiga gedung:

  1. Gedung K, seluas 590 meter persegi;
  2. Gedung T, seluas 130 meter persegi; dan
  3. Gedung N, seluas 190 meter persegi.

Gedung N sekarang difungsikan sebagai tempat kegiatan seni.

Museum RA Kartini (2), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum RA Kartini (2), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

R.A. Kartini sebagai perintis emansipasi wanita Indonesia. Untuk mengenang jasa, pengabdian, dan perjuangannya, maka pada tahun 1975 Pemerintah Daerah Tingkat II Jepara, atas usulan wakil rakyat dan bantuan dari Presiden Soeharto, telah didirikan museum pada tanggal 30 Maret 1975, pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, S.H. Diresmikan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto, S.H. tepat seabad peringatan R.A. Kartini (note: Kartini lahir pada tahun 1879, jadi peringatan seabad seharusnya jatuh pada tahun 1979). Museum Kartini merupakan museum lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jepara.

Museum RA Kartini (3), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum RA Kartini (3), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum Kartini merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan R.A. Kartini semasa hidupnya serta benda peninggalan kakaknya yaitu RMP Sosrokartono. Selain itu juga menyimpan benda-benda kuno hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara.

Penyajian ruang koleksi dibagi menjadi empat ruangan:

  • Ruang I
    Badan K untuk koleksi peninggalan R.A. Kartini berupa benda-benda serta foto semasa masih hidup.
  • Ruang II
    Kaki K atas berisi benda-benda peninggalan RMP Sosrokartono.
  • Ruang III
    Kaki K bawah untuk penyajian (1) benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, dll. (2) hasil kerajinan Jepara yang terkenal, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.
  • Ruang IV
    Gedung T berisi tulang ikan raksasa ‘Joko Tuwo’ yang panjangnya kurang lebih 16 meter, yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989.
Museum RA Kartini (4), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum RA Kartini (4), Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Museum RA. Kartini buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB (Senin – Sabtu) dan pukul 09.00 – 17.00 WIB (Minggu). Setiap pengunjung yang hendak memasuki Museum RA. Kartini pada hari Senin – Jumat akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp1.000,00 (dewasa) dan Rp600,00 (anak-anak). Sementara pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp1.500,00 (dewasa) dan Rp750,00 (anak-anak).

Comments: