Jambi

TravellersID - Visit Jambi

Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batanghari Jambi.

Luas Provinsi Jambi adalah 53.435 km2. Provinsi Jambi secara geografis terletak antara 0,45° Lintang Utara, 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10°-104,55° Bujur Timur. Di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu. Kondisi geografis yang cukup strategis di antara kota-kota lain di provinsi sekitarnya membuat peran provinsi ini cukup penting terlebih lagi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah. Kebutuhan industri dan masyarakat di kota-kota sekelilingnya didukung suplai bahan baku dan bahan kebutuhan dari provinsi ini.

Peta Provinsi Jambi

Peta Provinsi Jambi

Topografi Provinsi Jambi berbeda-beda mulai dari wilayah daratan di sebelah Timur dan kabupaten Kerinci. Sumber daya alam dengan keanekaragaman hayati yang kaya terdapat di 4 taman nasional seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Berbak, Taman Nasional Bukit Dua Belas, dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Masing-masing taman nasional memiliki karakteristik dan tipe keanekaragaman hayati yang berbeda.

Dengan suhu udara berkisar antara 23 °C s.d 31 °C dan luas wilayah 53,435 km2 diantaranya sekitar 60% lahan merupakan kawasan perkebunan dan kehutanan yang menjadikan kawasan ini merupakan salah satu penghasil produk perkebunan dan kehutanan utama di wilayah Sumatera. Kelapa sawit dan karet menjadi tanaman perkebunan primadona.

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Jambi merupakan pusat Kerajaan  Melayu Kuno. Jambi dipengaruhi kebudayaan Melayu sejak abad ke-7, namun dibayangi oleh kerajaan tetangga yang besar pada saat itu yaitu Kerajaan Sriwijaya. Yi Tsing menghabiskan waktu di Melayu dan dari catatannya dapat disimpulkan bahwa wilayah ini dulu disebut Chan Pi oleh Cina. Melayu lalu menjadi daerah kekuasaan Sriwijaya hingga Majapahit mengambil alih kerajaan ini. Berikutnya masyarakat Minangkabau Sumatra Barat mengklaim bahwa wilayah ini adalah miliknya setelah runtuhnya Majapahit. Abad ke-17, VOC bersekutu dengan Sultan Muhammed Nakhruddin dan membuat Belanda berhasil memonopoli perdagangan merica di wilayah ini hingga terbebas tahun 1901.

Sumber: Indonesia.Travel

Kompleks Candi Muaro Jambi, Jambi, Indonesia

Kompleks Candi Muaro Jambi, Jambi, Indonesia

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo,Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Indonesia, tepatnya di tepi Batang Hari, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi. Koordinat Selatan 01* 28’32” Timur 103* 40’04”. Candi tersebut diperkirakakn berasal dari abad ke-11 M. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Dan sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi, Indonesia

Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi, Indonesia

Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin adalah bandar udara yang terletak di Kota Jambi, provinsi Jambi, Indonesia. Bandara ini mulai bulan April 2007 dikelola oleh PT. Angkasa Pura II, yang sebelumnya dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. Saat ini ada 4 maskapai penerbangan yang setiap harinya melakukan penerbangan sebanyak 12 kali, diantaranya Garuda Indonesia, Batavia Air, Lion Air dan Sriwijaya Air.

Penerbangan dari Jakarta akan menghabiskan waktu satu jam, dari Palembang 15 menit dan dari Batam satu jam begitu juga dari Singapura. Perjalanan dengan menggunakan kapal laut atau kapal feri juga mudah, dari Batam hanya memakan waktu 5 jam dan 7 jam dari Malaysia. Untuk melihat dan merasakan perjalanan darat, memakan waktu 6 jam dari Palembang, 8 jam dari Padang dan 10 jam dari Bengkulu.

Maskapai Penerbangan

Maskapai Tujuan
Batavia Air Jakarta-Soekarno Hatta
Garuda Indonesia Jakarta-Soekarno Hatta
Lion Air Jakarta-Soekarno Hatta
Pacific Royale Airways Batam, Kerinci (begin 11 June 2012)
Sriwijaya Air Jakarta-Soekarno Hatta, Batam
Sky Aviation Pekanbaru

Sumber: Wikipedia Indonesia

Luas Provinsi Jambi 53.435 km2 dengan jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2010 berjumlah 3.088.618 jiwa (Data BPS hasil sensus 2010) . Jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2006 berjumlah 2.683.289 jiwa (Data SUPAS Proyeksi dari BPS Provinsi Jambi. Jumlah Penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2005 sebesar 2.657.536 (data SUSENAS) atau dengan tingkat kepadatan 50,22 jiwa/km2. Tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 0,96% dengan PDRB per kapita Rp9.523.752,00 (Angka sementara dari BPS Provinsi jambi. Untuk tahun 2005, PDRB per kapita sebesar Rp8.462.353). Sedangkan sebanyak 46,88% dari jumlah tenaga kerja Provinsi Jambi bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan; 21,58% pada sektor perdagangan dan 12,58% pada sektor jasa. Dengan kondisi ketenagakerjaan yang sebagian besar masyarakat di provinsi ini sangat tergantung pada hasil pertanian,perkebunan sehingga menjadikan upaya pemerintah daerah maupun pusat untuk mensejahterakan masyarakat adalah melalui pengembangan sektor pertanian.

Masyarakat Jambi merupakan masyarakat heterogen yang terdiri dari masyarakat asli Jambi, yakni Suku Melayu yang menjadi mayoritas di Provinsi Jambi. Selain itu juga ada Suku Kerinci di daerah Kerinci dan sekitarnya yang berbahasa dan berbudaya mirip Minangkabau. Secara sejarah dan budaya merupakan bagian dari varian Rumpun Minangkabau. Juga ada suku-suku asli pedalaman yang masih primitif yakni Suku Kubu dan Suku Anak Dalam. Adat dan budaya mereka dekat dengan budaya Minangkabau. Selain itu juga ada pendatang yang berasal dariMinangkabau, Batak, Jawa, Sunda, Cina, India dan lain-lain.

Sebagian besar masyarakat Jambi memeluk agama Islam, yaitu sebesar 90%, sedangkan sisanya merupakan pemeluk agama Kristen, Buddha, Hindu dan Konghuchu.

Tingkat kesejahteraan penduduk yang tercermin melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercatat sebesar 71,2 (data BPS tahun 2005). Sedangkan angka pengangguran Provinsi Jambi sebesar 92.772 atau setara dengan 7,8% penduduk Provinsi Jambi (data SAKERNAS bulan Februari).Propinsi Jambi termasuk dalam kawasan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapore (IMS-GT).

Sumber: Wikipedia Indonesia

Suku Anak Dalam, Jambi, Indonesia

Suku Anak Dalam, Jambi, Indonesia

Suku Anak Dalam sering juga disebut Orang Rimba atau Suku Kubu yang merupakan salah satu suku asli di Provinsi Jambi. Suku anak dalam termasuk kategori proto melayu (Melayu Tua). Suku ini hidup berpindah-pindah di kawasan hutan secara berkelompok dan menyebar di beberapa kabupaten. Suku ini memiliki sistem kepemimpinan yang berjenjang dari yang tertinggi yaitu Temenggung, Depati, Mangku, Menti dan Jenang. Kepercayaan Suku Anak Dalam terhadap dewa-dewa roh halus yang menguasai hidup tetap terpatri, walaupun di antara mereka ada yang telah mengenal agama Islam. Mata pencaharian utama suku ini adalah berburu dan meramu di dalam hutan.

Batik Angso Dua, Jambi, Indonesia

Batik Angso Dua, Jambi, Indonesia

Batik tulis Jambi merupakan kain batik dengan motif khas Jambi yang sudah mulai sulit dicari.  Batik tulis Jambi mempunyai banyak motif dan warna, umumnya berwarna cerah yang menggambarkan keceriaan dan keriangan masyarakat Jambi. Motifnya antara lain motif Candi Muaro Jambi, kaca piring, puncung rebung, angso duo bersayap mahkota, bulan sabit, pauh (mangga), antlas (tanaman), awan berarak, dan riang-riang. Beberapa batik tulis buatan perajin batik Jambi disimpan sebagai koleksi Honimen Museum and Gardens, Forest Hill, London dan di Trouven Museum di Belanda.

Tari Meniti Mahligai, Jambi, Indonesia

Tari Meniti Mahligai, Jambi, Indonesia

Merupakan tari tradisional daerah Jambi yang bersifat sakral, berasal dari desa Siula Kabupaten Kerinci. Tari ini merupakan bagian dari upacara untuk memanggil roh para leluhur agar merasuk ke dalam tubuh penari, yang pada puncak (Klimaks) tari, para penari bergerak secara lenturdan dinamis sehingga memiliki kekuatan luar biasa. Ketika telah kemasukan roh gaib, para penari mampu menari diatas pecahan beling, bara api, paku ataupun menusuk-nusukkan benda tajam pada badannya. Selama pertunjukkan, diiringi oleh musik yang terdiri dari rebana sike (gendang), gong, seruling bambu ataupun alat musik lain sesuai keperluan. Tari Mahligai sekarang telah digarap menjadi suatu karya seni pertunjukkan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan.

Sumber: Bank Indonesia

Nanas Selai Goreng, Jambi, Indonesia

Nanas Selai Goreng, Jambi, Indonesia

Jambi memiliki makanan khas mirip seperti Sumatra Selatan. Jambi juga merupakan tempat terbaik untuk Anda mencicipi nanas goreng, jagung bakar dan makanan khas lainnya. Dan  tentu saja makanan khas Sumatra Barat yaitu nasi padang yang dapat dengan mudah ditemukan di sini.

Tempoyak Baung, Jambi, Indonesia

Tempoyak Baung, Jambi, Indonesia

Peta Provinsi Jambi

Peta Provinsi Jambi

Pemerintahan di Provinsi Jambi dibagi menjadi 11 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Batanghari
  2. Kabupaten Bungo
  3. Kabupaten Kerinci
  4. Kabupaten Merangin
  5. Kabupaten Muaro Jambi
  6. Kabupaten Sarolangun
  7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  8. Kabupaten Tanjung Jabung Timur
  9. Kabupaten Tebo
  10. Kota Jambi
  11. Kota Sungai Penuh

Kantor Pariwisata

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru, Jambi
Telp. (62-741) 445050
Fax. (61-741) 445050
http://www.kotajambi.go.id

Taman Nasional Kerinci Seblat
Jl. Basuki Rahmat 1
Telp.(62-748) 21095, 2230