Sulawesi Selatan

TravellersID - Visit Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya adalah Makassar, dahulu disebut Ujungpandang.

Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0°12′ – 8° Lintang Selatan dan 116°48′ – 122°36′ Bujur Timur. Luas wilayahnya 62.482,54 km². Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di selatan.

Peta Lokasi Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Peta Lokasi Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Sampai dengan Mei 2010, jumlah penduduk di Sulawesi Selatan terdaftar sebanyak 8.032.551 jiwa dengan pembagian 3.921.543 orang laki-laki dan 4.111.008 orang perempuan.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Istana Raja Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia

Istana Raja Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia

Sejak awal abad ke-14, di wilayah terdapat beberapa kerajaan dan yang paling terkenal adalah kerjaan Luwu, Gowa, Soppeng, Tallo, dan Bone. Pengaruh budaya Eropa telah ada sejak abad ke-16, ketika Portugis tiba di Makasar dan mencari dukungan dari raja Gowa.

Kerajaan Bone dan Gowa berperang tahun 1562 namun kemudian sepakat berdamai. Setelah mengalami pergolakan melawan penjajah Belanda dan pendudukan Jepang, Sulawesi Selatan akhirnya menjadi sebuah provinsi Indonesia tahun 1964.

Kediaman Gubernur di Makassar (1865-1900)

Kediaman Gubernur di Makassar (1865-1900)

Sumber: Wikipedia Indonesia

Udara

Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia

Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia

Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, sebelumnya bernama Bandar Udara Internasional Hasanuddin, bandara ini bernama Lapangan Terbang Kadieng terletak 30 km dari Kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan.

Maskapai Penerbangan (Domestik)

Maskapai Tujuan
Airfast Indonesia Timika
Batavia Air Balikpapan, Denpasar, Gorontalo, Jakarta, Jayapura, Kendari, Luwuk,Manokwari, Merauke, Palu, Sorong, Surabaya, Ternate
Dirgantara Air Service Mamuju, Selayar, Masamba, Palopo, Toraja
Garuda Indonesia Balikpapan, Biak, Denpasar-Bali, Jakarta, Jayapura, Kendari ,Manado, Singapura, Surabaya, Palu, Gorontalo, Ambon, Ternate, Bandung (via Surabaya), Tarakan (mulai Oktober 2012)[5]
Indonesia Air Transport Soroako
Lion Air Ambon, Denpasar-Bali, Gorontalo, Jakarta, Jayapura, Kendari, Manado, Palu, Surabaya
Merpati Nusantara Airlines Balikpapan, Banjarmasin, Baubau, Biak, Jakarta, Kendari, Kupang, Mamuju, Manokwari, Merauke, Palu, Sorong, Surabaya, Timika, Ternate, Wakatobi, Yogyakarta
Sriwijaya Air Ambon, Gorontalo, Jakarta, Kendari, Surabaya, Palu, Tarakan
Trigana Air Service Kupang, Luwuk
Expressair Bau-bau, Fak Fak, Jakarta, Jayapura, Kaimana, Kendari, Nabire, Sorong, Tanah Merah, Ternate, Yogyakarta, Surabaya, Wakatobi
Kartika Airlines Jakarta, Manado, Ternate
Wings Air Ambon, Denpasar-Bali, Gorontalo, Jakarta, Jayapura, Kendari, Manado, Palu, Surabaya, Mamuju, Bau-Bau, Kolaka
Citilink Surabaya

Maskapai Penerbangan (Internasional)

Maskapai Tujuan
Air Asia Kuala Lumpur
Arabia International Airlines Doha (mulai 28 Agustus 2012)
Garuda Indonesia Singapore, Jeddah (haji)

Darat

Melalui jalan beraspal dengan tanjakan yang berkelok-kelok, rasakan udara yang segar dan sejuk dengan pemandangan alamnya, menjadikan perjalanan dengan mobil menjadi menyenangkan.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Kuburan Batu Lemo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Kuburan Batu Lemo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Suku Bugis, Sulawesi Selatan, Indonesia

Suku Bugis, Sulawesi Selatan, Indonesia

Orang Makasar dan Bugis adalah masyarakat yang religious, kebanyakan masyarakatnya beragama Muslim yang taat. Masyarakat Bugis adalah salah satu pelaut terbaik di dunia. Pelaut-pelaut Bugis, Bajau, Buto, dan Makasar telah melakukan perdagangan dengan negara-negara tetangga, dan yang paling menonjol dengan masyarakat Aborigin Australia selama ratusan tahun.

Sampai dengan Mei 2010, jumlah penduduk di Sulawesi Selatan terdaftar sebanyak 8.032.551 jiwa dengan pembagian 3.921.543 orang laki-laki dan 4.111.008 orang perempuan.

Bahasa yang umum digunakan adalah

  • Bahasa Makassar adalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Makassar dan Sekitarnya.
  • Bahasa Bugisadalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Bone sampai ke Kabupaten Pinrang, Sinjai, Barru, Pangkep, Maros, Kota Pare Pare, Sidrap, Wajo, Soppeng Sampai di daerah Enrekang, bahasa ini adalah bahasa yang paling banyak di pakai oleh masyarakat Sulawesi Selatan.
  • Bahasa Tae’ Luwuadalah salah satu bahasa yang dipertuturkan di daerah Tana Luwu, mulai dari Siwa,Kabupaten Wajo sampai ke Kolaka Utara,Sulawesi Tenggara.
  • Toraja adalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Kabupaten Tana Toraja dan sekitarnya.
  • Bahasa Mandar adalah bahasa suku Mandar, yang tinggal di provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Mamuju, Polewali Mandar, Majene dan Mamuju Utara. Di samping di wilayah-wilayah inti suku ini, mereka juga tersebar di pesisir Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.
  • Bahasa Duriadalah salah satu rumpun bahasa Austronesia di Sulawesi Selatan yang masuk dalam kelompok dialek Massenrempulu. Di antara kelompok Bahasa Massenremplu, Bahasa Duri memilki kedekatan dengan bahasa Toraja dan bahasa Tae’ Luwu. Penuturnya tersebar di wilayah utara Gunung Bambapuang, Kabupaten Enrekang sampai wilayah perbatasan Tana Toraja.
  • Bahasa Konjo terbagi menjadi dua yaitu Bahasa Konjo pesisir dan Bahasa Konjo Pegunungan, Konjo Pesisir tinggal di kawasan pesisir Bulukumba dan Sekitarnya, di sudut tenggara bagian selatan pulau Sulawesi sedangkan Konjo pegunungan tinggal di kawasan tenggara gunung Bawakaraeng.
Kete Kesu, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Kete Kesu, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Sumber: Wikipedia Indonesia

Coto Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Coto Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Sulawesi Selatan merupakan surga bagi pecinta kuliner. Mulai dari seafoodChinese food atau makanan yang paling terkenal yaitu Coto Makassar. Sop saudara mirip dengan soto tapi rasanya lebih tawar daripada. Konro juga salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal lezat.

Untuk cemilan, Anda mungkin ingin mencoba jalangkote, sejenis kue kering dengan isi yang lezat dan dimakan dengan saus cabai. Untuk makanan penutup, cobalah pisang epe, yaitu pisang yang disiram saus gula merah, biasanya dicampur nangka atau durian. Es palun butung, terbuat dari irisan pisang, es batu, santan, dan sirup merah, rasanya segar dan lezat. Pisang hijau adalah pisang yang dilapisi adonan terigu dan daun pandan, Dipotong lalu disiram sirup cocopandan.

Es Pisang Ijo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Es Pisang Ijo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Peta Wisata Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Peta Wisata Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Pemerintahan di Provinsi Sulawesi Selatan dibagi menjadi 24 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Bantaeng
  2. Kabupaten Barru
  3. Kabupaten Bone
  4. Kabupaten Bulukumba
  5. Kabupaten Enrekang
  6. Kabupaten Gowa
  7. Kabupaten Jeneponto
  8. Kabupaten Kepulauan Selayar
  9. Kabupaten Luwu
  10. Kabupaten Luwu Timur
  11. Kabupaten Luwu Utara
  12. Kabupaten Maros
  13. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
  14. Kabupaten Pinrang
  15. Kabupaten Sidenreng Rappang
  16. Kabupaten Sinjai
  17. Kabupaten Soppeng
  18. Kabupaten Takalar
  19. Kabupaten Tana Toraja
  20. Kabupaten Toraja Utara
  21. Kabupaten Wajo
  22. Kota Makassar
  23. Kota Palopo
  24. Kota Parepare

Kantor Pariwisata

JL. Jend. Sudirman No.23, Makassar 90231
Tlp. (62-411) 878912, 443355, 872336
Fax. (62-411) 872314