Gorontalo

TravellersID - Visit Gorontalo

Provinsi Gorontalo sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan provinsi ini. Panorama Pegunungan Gorontalo sangat menakjubkan.

Gunung-gunung dan hutan adalah rumah-rumah bagi flora dan fauna unik. Anoa, tarsius, burung maleo, dan babi rusa  adalah salah satu spesies langka yang dapat Anda ditemukan di sini. Maleo, misalnya, adalah spesies burung yang telurnya lebih besar dari tubuhnya sendiri. Sementara Tarsius adalah primata terkecil di dunia, tetapi memiliki panjang sekitar 10 cm.

Anda dapat menemukan pohon ebony, lingua, nantu, meranti, dan rotan di hutan Gorontalo. Di bagian selatan laut Gorontalo, yaitu di Teluk Tomini, ada beberapa pulau kecil yang tersebar. Pulau-pulau belum berpenghuni dan pasir putih sangat indah mengelilingi. Teluk Tomini dilintasi oleh garis khatulistiwa dan secara alami ditinggali oleh beragam jenis hewan laut. Karena itu, Teluk Tomini adalah surga bagi para penyelam.

Peta Lokasi Provinsi Gorontalo, Indonesia

Peta Lokasi Provinsi Gorontalo, Indonesia

Gorontalo adalah provinsi yang ke-32 di Indonesia. Sebelumnya Gorontalo merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkanUndang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000.

Luas wilayah provinsi ini 12.215,44 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1,038.585 jiwa (berdasarkan Sensus Penduduk 2010), dengan tingkat kepadatan penduduk 85 jiwa/km². Penjabat Gubernur Gorontalo yang pertama adalah Drs. Tursandi Alwi yang dilantik pada peresmian Provinsi Gorontalo pada tanggal 16 Februari 2001. Tanggal ini selanjutnya, sekalipun masih kontroversial, diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Provinsi Gorontalo hingga sekarang (2011).

Sampai dengan September 2011, wilayah adminitrasi Provinsi Gorontalo mencakup 5 kabuapten (Kabupaten Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, dan Pohuwato), 1 kota (Kota Gorontalo), 75 kecamatan, 532 desa, dan 69 kelurahan. Data ini terus mengalami perubahan seiring dengan adanya proses pemekaran kabupaten/ kota, kecamatan, desa, atau kelurahan yang ada di Provinsi Gorontalo hingga sekarang.

Provinsi Gorontalo terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi, tepatnya pada 0,19’ – 1,15‘ LU dan 121,23’ –123,43’ BT. Letaknya sangatlah strategis, karena diapit oleh dua perairan (Teluk Tomini di selatan dan Laut Sulawesi di utara).

Batas Wilayah

  • Utara: Laut Sulawesi
  • Timur: Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara
  • Selatan: Teluk Tomini
  • Barat: Kabupaten Parigi Moutong dan Buol, Provinsi Sulawesi Tengah

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Menurut sejarah, Jazirah Gorontalo terbentuk kurang lebih 400 tahun lalu dan merupakan salah satu kota tua di Sulawesi selain Kota Makassar, Pare-pare dan Manado. Gorontalo pada saat itu menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Indonesia Timur yaitu dari Ternate, Gorontalo, Bone. Seiring dengan penyebaran agama tersebut Gorontalo menjadi pusat pendidikan dan perdagangan masyarakat di wilayah sekitar seperti Bolaang Mongondow (Sulut), Buol Toli-Toli, Luwuk Banggai, Donggala (Sulteng) bahkan sampai ke Sulawesi Tenggara.Gorontalo menjadi pusat pendidikan dan perdagangan karena letaknya yang strategis menghadap Teluk Tomini (bagian selatan) dan Laut Sulawesi (bagian utara).

Raja Gorontalo, assistent-resident dan kepala adat (foto oleh Hendrik Veen, 1874)

Raja Gorontalo, assistent-resident dan kepala adat (foto oleh Hendrik Veen, 1874)

Kedudukan Kota Kerajaan Gorontalo mulanya berada di Kelurahan Hulawa Kecamatan Telaga sekarang, tepatnya di pinggiran sungai Bolango. Menurut Penelitian, pada tahun 1024 H, kota Kerajaan ini dipindahkan dari Keluruhan Hulawa ke Dungingi Kelurahan Tuladenggi Kecamatan Kota Barat sekarang. Kemudian dimasa Pemerintahan Sultan Botutihe kota Kerajaan ini dipindahkan dari Dungingi di pinggiran sungai Bolango, ke satu lokasi yang terletak antara dua kelurahan yaitu Kelurahan Biawao dan Kelurahan Limba B.

Dengan letaknya yang stategis yang menjadi pusat pendidikan dan perdagangan serta penyebaran agama islam maka pengaruh Gorontalo sangat besar pada wilayah sekitar, bahkan menjadi pusat pemerintahan yang disebut dengan Kepala Daerah Sulawesi Utara Afdeling Gorontalo yang meliputi Gorontalo dan wilayah sekitarnya seperti Buol ToliToli dan, Donggala dan Bolaang Mongondow. Sebelum masa penjajahan keadaaan daerah Gorontalo berbentuk kerajaan-kerajaan yang diatur menurut hukum adat ketatanegaraan Gorontalo. Kerajaan-kerajaan itu tergabung dalam satu ikatan kekeluargaan yang disebut “Pohala’a”. Menurut Haga (1931) daerah Gorontalo ada lima pohala’a :

  • Pohala’a Gorontalo
  • Pohala’a Limboto
  • Pohala’a Suwawa
  • Pohala’a Boalemo
  • Pohala’a Atinggola

Pohala’a Gorontalo merupakan pohalaa yang paling menonjol di antara kelima pohalaa tersebut. Itulah sebabnya Gorontalo lebih banyak dikenal.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Bandar Udara Jalaludin, Gorontalo, Indonesia

Bandar Udara Jalaludin, Gorontalo, Indonesia

Bandar Udara Jalaluddin adalah bandar udara yang terletak di kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, provinsi Gorontalo.

Maskapai Penerbangan

  • Batavia Air (Ujung Pandang, Surabaya, Jakarta)
  • Lion Air (Ujung Pandang, Jakarta)
  • Sabang Merauke Air Charter (Poso, Ujung Pandang)
  • Sriwijaya Air (Ujung Pandang, Jakarta)
  • Wings Air (Manado, Ternate)
  • Garuda Indonesia (Ujung Pandang, Jakarta)

Sumber: Wikipedia Indonesia

Doluhupa, Rumah Adat Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

Doluhupa, Rumah Adat Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

Penduduk setempat adalah  umumnya orang Melayu, kelompok Polinesia. Orang-orang Ternate, Tidore, Bugis, dan Makassar juga banyak ditemukan di sini.

Sebenarnya ada banyak bahasa daerah di Gorontalo. Namun hanya tiga bahasa yang cukup dikenal masyarakat di wilayah ini, yaitu Bahasa Gorontalo, Bahasa Suwawa, dan Bahasa Atinggola. Dalam proses perkembangannya Bahasa Gorontalo lebih dominan sehingga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat di seantero Gorontalo. Saat ini Bahasa Gorontalo telah dipengaruhi olehBahasa Indonesia, sehingga kemurnian bahasanya agak sulit diperoleh di Gorontalo.

Tari Saronde, Gorontalo, Indonesia

Tari Saronde, Gorontalo, Indonesia

Ilabulo, Gorontalo, Indonesia

Ilabulo, Gorontalo, Indonesia

Penggemar kuliner harus mencoba Milu siram. Ini adalah sup jagung, ikan, garam, kelapa parut, cabai dan jeruk nipis. Dapat ditemukan hampir di mana saja di Gorontalo, terutama di warung sekitar pasar di malam hari. Pengaruh Belanda juga membuat Gorontalo menjadi salah satu kota roti terbaik di Indonesia. Kue dan kue kering yang lezat dan cocok dengan lidah Anda penyuka rasa manis.

Milu Siram, Gorontalo, Indonesia

Milu Siram, Gorontalo, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Peta Wisata Provinsi Gorontalo, Indonesia

Peta Wisata Provinsi Gorontalo, Indonesia

Pemerintahan di Provinsi Gorontalo dibagi menjadi 6 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Boalemo
  2. Kabupaten Bone Bolango
  3. Kabupaten Gorontalo
  4. Kabupaten Gorontalo Utara
  5. Kabupaten Pohuwato
  6. Kota Gorontalo

Kantor Pariwisata

Dinas Perhubungan dan Pariwisata Prov. Gorontalo

Jl. Jendral Sudirman No. 57 Kota Gorontalo
Telp/Fax. (62-435) 827615

Website : www.gorontaloprov.go.id