Papua

TravellersID - Visit Papua

Papua, inilah tanah indah yang luas, memiliki hutan-hutan sangat alami dan puncak gunung bersalju menjulang tinggi di danau glasial. Papua merupakan provinsi terbesar dan paling timur di Indonesia, mencakup bagian barat pulau terbesar kedua di dunia.

Papua adalah tanah dengan alam yang mengagumkan, pemandangan pantainya sangat indah, membentang luas dari rawa, padang rumput yang sejuk, dan sungai-sungai yang mengukir jurang melalui hutan lebat. Bagian pulau yang paling banyak penduduknya adalah kabupaten Danau Paniai dan Lembah Baliem di sebelah timur.

Papua merupakan kawasan konservasi terluas di Asia tenggara, berada pada ketinggian 0-4.884 m dpl dan tersebar di 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat.

Taman Nasional Lorentz, Papua, Indonesia

Taman Nasional Lorentz, Papua, Indonesia

Taman Nasional Lorentz bukanlah kawasan konservasi biasa seperti kawasan lainnya karena sejak 12 Desember 1999 PBB melalui UNESCO secara resmi menetapkannya sebagai situs alam warisan dunia karena memiliki lebih 43 jenis ekosistem, kawasan Daerah Tropis dengan gletser (Puncak Cartenz) dan Danau Habema yang menakjudkan dihiasi padang rumput alpin dan rawa-rawa.

Taman Nasional Teluk cenderawasih memiliki biota laut dan karang yang indah. Jangan lupakan juga melihat kemeriahan budaya adat yang ditampilkan dalam Festival Lembah Baliem dan Asmat. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan pariwisata trekking, hiking, berburu dan berpetualang. Sementara di Taman Nasional Wasur di Merauke Anda akan melihat berbagai spesies mamalia unik.

Ibu Kota provinsi Jayapura terletak di perbukitan yang menghadap laut, dan dapat diakses dengan perahu dan pesawat. Di sinilah tempat Jenderal MacArthur mengumpulkan armadanya untuk menginvasi Filipina selama Perang Dunia II.

Kata Papua sendiri berasal dari bahasa melayu yang berarti rambut keriting, mengacu pada penampilan fisik suku-suku asli Papua.

Peta Lokasi Provinsi Papua, Indonesia

Peta Lokasi Provinsi Papua, Indonesia

Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, sehingga sering disebut sebagai Papua Barat. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Nova Guinea (1600), Peta Pertama Papua, Indonesia

Nova Guinea (1600), Peta Pertama Papua, Indonesia

Pedagang Eropa yang mencari rempah-rempah mulai berdatangan awal abad ke-16. Mereka mewariskan nama geografis seperti Bougainville, Cape d’Urville, dan Selat Torres.

Belanda paling lama menduduki tanah Papua, sejak tahun 1828 mereka secara resmi menjadikan Papua sebagai wilayah jajahannya hingga tahun 1962.

Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat dan sering disebut sebagai Papua Barat. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal dengan nama Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada di bawah penguasaan Indonesia, wilayah menjadi Provinsi Irian Barat tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport. Nama Irian Jaya tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002. Kemudian nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Tahun 2003 Papua dibagi menjadi dua provinsi yaitu bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat dimana setahun kemudian berganti nama menjadi Papua Barat. Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua sekarang.

Sumber: Indonesia.Travel

Udara

Bandar Udara Sentani, Jayapura, Indonesia

Bandar Udara Sentani, Jayapura, Indonesia

Di Papua terdapat ratusan landasan udara, hampir semua Kabupaten mempunyai landasan udara.  Landasan udara terbesar adalah Bandar Udara Internasional Frans Kaisepo di Biak, Bandar Udara Sentani di Jayapura, Timika dan Merauke dapat di singgahi pesawat besar seperti Jumbo jet, Boing 737 dan DC 19 dari Jakarta, Surabaya, dan Makasar dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airline (GIA); Merpati Nusantara Airline (MNA), Air Efata, Batavia Air, Express Air dan Trigana Air.  Untuk Kabupaten Lain dengan landasan udara ang lebih kecil dilayani oleh maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airline (MNA) dan Trigana Air dengan pesawat seperti Twin otter Cessna.

Maskapai Penerbangan (Bandar Udara Sentani)

  • Batavia Air (Merauke , Manokwari, Makassar, Jakarta)
  • Garuda Indonesia (Biak, Denpasar, Jakarta, Makassar, Timika)
  • Merpati Nusantara Airlines (Biak, Manado, Manokwari, Merauke, Tembagapura)
  • Lion Air (Makassar, Jakarta)
  • Express Air (Manokwari, Sorong, Makassar, Jakarta)
  • Air Efata (Sorong, Makassar, Jakarta, Surabaya)

Sumber: Wikipedia Indonesia

Bandar Udara Frans Kaisepo, Biak Numfor, Papua, Indonesia

Bandar Udara Frans Kaisepo, Biak Numfor, Papua, Indonesia

Maskapai Penerbangan (Bandar Udara Frans Kaisepo)

Maskapai Tujuan
Garuda Indonesia Jakarta (CGK), Jayapura (DJJ), Makassar (UPG)
Merpati Nusantara Airlines Jayapura (DJJ), Makassar (UPG), Kendari (KDI)
Susi Air Nabire (NBX), Serui (ZRI)
Interisland Airlines Manila (MNL)

Sumber: Wikipedia Indonesia

Laut

Sementara untuk transportasi laut terdapat pelabuhan laut dibeberapa Kabupaten, yaitu Jayapura, Biak, Yapen, Merauke, Timika, Agats, Nabire, dan Sorong yang disinggahi beberapa kapal di antaranya:

  • KM Nggapulu yang berlayar dari Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Pantolan, Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Nabire, Serui,Biak dan Jayapura;
  • KM Labobar yang berlayar dari Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar, Sorong, Manokwari, Nabire dan Jayapura;
  • KM Dorolonda yang berlayar dari Surabaya, Makassar, Kupang, Ambonm Fakfak, Sorong, Manokwari, Jayapura;
  • KM Sinabung yang berlayar dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Bau-bau, Banggai, Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari,Biak, Serui, Jayapura.

Sumber: Indonesia.Travel

Tarian di Festival Lembah Baliem, Papua, Indonesia

Tarian di Festival Lembah Baliem, Papua, Indonesia

Masyarakat Papua terbagi menjadi lebih dari 250 suku termasuk Marindanim, Yah’ray, Asmat, Mandobo, Dani, dan Afyat. Mereka yang tinggal di dataran tinggi dan masih mempertahankan adat dan tradisi mereka yang hampir tak tersentuh oleh pengaruh luar. Sebagian besar suku yang berbeda tersebut hidup dalam terisolasi satu sama lain sehingga menghasilkan suatu campuran budaya yang sangat beragam.

Daerah-daerah pesisir Papua, telah dikunjungi sejak abad ke-7 oleh para pedagang dari Kerajaan Sriwijaya.

Honai, Rumah Adat Suku Dani, Papua, Indonesia

Honai, Rumah Adat Suku Dani, Papua, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Papeda, Papua, Indonesia

Papeda, Papua, Indonesia

Makanan ikan dan hidangan laut adalah kuliner khas daerah ini dan menjadikannya  sebagai surga bagi penikmat seafood. Ikan segar yang dibakar atau dipanggang terasa lezat, apalagi jika dinikmati sambil menyaksikan sunset. Bagi yang alergi seafood tidak perlu khawatir, karena Anda juga dapat menikmati makanan khas Papua seperti papeda atau lalapan ayam yaitu berupa ayam goreng dipadukan dengan bumbu cabai.

Ikan Kuah Kuning, Papua, Indonesia

Ikan Kuah Kuning, Papua, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Peta Wisata Provinsi Papua, Indonesia

Peta Wisata Provinsi Papua, Indonesia

Pemerintahan di Provinsi Papua dibagi menjadi 29 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Asmat
  2. Kabupaten Biak Numfor
  3. Kabupaten Boven Digoel
  4. Kabupaten Deiyai
  5. Kabupaten Dogiyai
  6. Kabupaten Intan Jaya
  7. Kabupaten Jayapura
  8. Kabupaten Jayawijaya
  9. Kabupaten Keerom
  10. Kabupaten Kepulauan Yapen
  11. Kabupaten Lanny Jaya
  12. Kabupaten Mamberamo Raya
  13. Kabupaten Mamberamo Tengah
  14. Kabupaten Mappi
  15. Kabupaten Merauke
  16. Kabupaten Mimika
  17. Kabupaten Nabire
  18. Kabupaten Nduga
  19. Kabupaten Paniai
  20. Kabupaten Pegunungan Bintang
  21. Kabupaten Puncak
  22. Kabupaten Puncak Jaya
  23. Kabupaten Sarmi
  24. Kabupaten Supiori
  25. Kabupaten Tolikara
  26. Kabupaten Waropen
  27. Kabupaten Yahukimo
  28. Kabupaten Yalimo
  29. Kota Jayapura

Kantor Pariwisata

Jl. Raya Abepura, Dinas Otonom Kotaraja,
Jayapura – Papua
Tlp. (62-967) 583001
Fax. (62-967) 586551

Website: www.papua.go.id