Kalimantan Utara

TravellersID - Visit Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.

Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012. Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Peta Lokasi Kalimantan Utara, Indonesia

Peta Lokasi Kalimantan Utara, Indonesia

Dalam sejarahnya negeri-negeri di bagian utara pulau Kalimantan, yang meliputi Sarawak, Brunei dan sebagian besar Sabah adalah wilayah mandala Kesultanan Brunei. Sejak masa Hindu hingga terbentuknya Kesultanan Bulungan, wilayah provinsi Kalimantan Utara hinggaKinabatangan di Sabah merupakan wilayah mandala negara Berau yang dinamakan Nagri Marancang, yang berbatasan dengan mandala negara Brunei. Namun belakangan Nagri Marancang menjadi wilayah pengaruh Kesultanan Sulu dan Suku Suluk mulai bermukim di daerah tersebut. Kemudian kolonial Inggris menguasai sebelah utara Nagri Marancang dan Belanda menguasai sebelah selatan Nagri Marancang (sekarang provinsi Kaltara).

Wilayah Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan yang berdiri pada tahun 1731. Raja pertama Kesultanan Bulunganberasal dari Brunei. Daerah Kesultanan Bulungan merupakan bekas daerah milik negara Berau yang melepaskan diri. Sementara itu Kerajaan Berau menurut Hikayat Banjar termasuk dalam pengaruh mandala Kesultanan Banjar sejak zaman dahulu kala, ketika Kesultanan Banjar masih bernama Kerajaan Negara Dipa (masa Hindu). Sampai tahun 1850, Bulungan (Kaltara) masih berada di bawah pengaruh Kesultanan Sulu(bekas negara bawahan Brunei). Namun dalam tahun 1853, Bulungan (Kaltara) sudah dimasukkan dalam wilayah pengaruh Belanda. Berdasarkan perjanjian Kesultanan Banjar dengan VOC Belanda yang dibuat pada tanggal 13 Agustus 1787 dan 4 Mei 1826, maka secara hukum Kesultanan Banjar menjadi daerah protektorat VOC Belanda dan daerah-daerah yang diklaim sebagai vazal Banjar diserahkan sebagai properti VOC Belanda, maka Kompeni membuat batas-batas wilayahnya di Borneo (Kalimantan) berdasarkan batas-batas klaim Kesultanan Banjar yaitu wilayah paling barat adalah negara bagian Sintang dan wilayah paling timur adalah negara bagian Berau (meliputi kesultanan Gunung Tabur,kesultanan Tanjung/Sambaliung, kesultanan Bulungan & distrik Tidung). Berdasarkan peta Hindia Belanda tahun 1878 saat itu menunjukkan posisi perbatasan jauh lebih ke utara dari perbatasan Kaltara-Sabah hari ini, karena mencakupi semua perkampungan suku Tidungyang ada di wilayah Tawau.

Proses pemekaran Kalimantan Utara menjadi suatu provinsi terpisah dari Kalimantan Timur telah dimulai pada tahun 2000-an. Setelah melalui proses panjang, pembentukan provinsi Kalimantan Utara akhirnya disetujui dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Udara

Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Timur, Indonesia
Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

Maskapai Penerbangan

Maskapai Tujuan Terminal
Batavia Air Balikpapan, Jakarta-Soetta Domestik
Garuda Indonesia Balikpapan (mulai 20 Desember 2012), Makassar (mulai Oktober 2012)[2] Domestik
Kalstar Aviation Berau, Nunukan Domestik
Lion Air Balikpapan, Jakarta-Soetta, Surabaya Domestik
MAF Indonesia Long Apung, Long Bawan Domestik
Malaysia Airlines yang dioperasikan oleh MASwings Kota Kinabalu, Tawau[3] Internasional
Merpati Nusantara Airlines Nunukan, Toli-Toli Domestik
Sriwijaya Air Balikpapan Domestik
Susi Air Long Apung, Long Bawan, Malinau, Nunukan, Tanjung Selor Domestik

Laut

Selain lewat udara, Kalimantan Utara juga dapat dicapai melalui jalur laut dengan kapal PELNI. Anda dapat melihat jadwalnya disini.

Baloy, Rumah Adat Suku Tidung, Kalimantan Utara, Indonesia

Baloy, Rumah Adat Suku Tidung, Kalimantan Utara, Indonesia

Suku Tidung merupakan suku yang tanah asalnya berada di bagian utara Kalimantan Timur (sekarang Kalimantan Utara). Suku ini juga merupakan anak negeri di Sabah, jadi merupakan suku bangsa yang terdapat di Indonesia maupun Malaysia (negeri Sabah). Suku Tidung semula memiliki kerajaan yang disebut Kerajaan Tidung.

Bahasa

Bahasa-bahasa daerah di Kalimantan Utara merupakan bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia, diantaranya adalah Bahasa Tidung dan Bahasa Dayak.

Bahasa Tidung dialek Tarakan merupakan bahasa Tidung yang pertengahan karena dipahami oleh semua warga suku Tidung. Beberapa kata bahasa Tidung masih memiliki kesamaan dengan bahasa Kalimantan lainnya. Kemungkinan suku Tidung masih berkerabat dengan suku Dayakrumpun Murut (suku-suku Dayak yang ada di Sabah). Karena suku Tidung beragama Islam dan mengembangkan kerajaan Islam sehingga tidak dianggap sebagai suku Dayak, tetapi dikategorikan suku yang berbudaya Melayu (hukum adat Melayu) seperti suku Banjar, suku Kutai, dan suku Pasir.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Kepiting Saus, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

Kepiting Saus, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

Makanan laut patut Anda cicipi saat berada di sini. Karena mayoritas penduduknya beragama Islam jadi kebanyakan restoran di sini menawarkan makanan halal.

Berbagai makanan Cina dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Peta Lokasi Kalimantan Utara, Indonesia

Peta Administratif Kalimantan Utara, Indonesia

Pada saat dibentuknya, wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sebagai berikut:

  1. Kota Tarakan
  2. Kabupaten Bulungan
  3. Kabupaten Malinau
  4. Kabupaten Nunukan
  5. Kabupaten Tana Tidung

Seluruh wilayah ini sebelumnya merupakan wilayah Kalimantan Timur.