Nusa Tenggara Barat

TravellersID - Visit Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalahKota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Peta Lokasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Peta Lokasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Alfred Russell Wallace pada abad ke-19 menandai wilayah transisi flora fauna yang ada di Barat dan Timur Indonesia dengan nama Garis Wallace. Garis ini berperan sebagai batas Barat Nusa Tenggara Barat yang meliputi Pulau Lombok dan Sumbawa. Di bagian Utara Nusa Tenggara Barat wilayahnya  bergunung-gunung dan dipenuhi oleh pepohonan tinggi yang lebat dan semak-semak. Sedangkan di bagian selatan, wilayahnya gersang dan dipenuhi oleh padang rumput. Nusa Tenggara Barat tidak memiliki hewan mamalia Asia, tapi memiliki hewan berkantung, kadal, burung kakatua dan nuri. Perbedaan tersebut menjadi lebih nyata di bagian lebih Timur, dimana musim kemaraunya lebih panjang, sagu dan jagung menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Barat dan bukan beras.

Batas Wilayah

F2F2F2">Utara Laut Flores
F2F2F2">Selatan Samudra Hindia
F2F2F2">Barat Provinsi Bali
F2F2F2">Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Menurut Lalu Djelenga (2004), catatan sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok yang lebih berarti dimulai dari masuknya Majapahit melalui ekspedisi di bawah Mpu Nala pada tahun 1343 sebagai pelaksanaan Sumpah Palapa Maha Patih Gajah Mada yang kemudian diteruskan dengan inspeksi Gajah Mada sendiri pada tahun 1352.

Ekspedisi ini, lanjut Djelenga, meninggalkan jejak kerajaan Gelgel di Bali. Sedangkan di Lombok dalam perkembangannya meninggalkan jejak berupa empat kerajaan utama saling bersaudara, yaitu Kerajaan Bayan di barat, Kerajaan Selaparang di Timur, Kerajaan Langko di tengah dan Kerajaan Pejanggik di selatan. Selain keempat kerajaan tersebut, terdapat kerajaan-kerajaan kecil, seperti Parwa dan Sokong serta beberapa desa kecil, seperti Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan dan Kentawang. Seluruh kerajaan dan desa ini selanjutnya menjadi wilayah yang merdeka setelah kerajaan Majapahit runtuh.

Taman Narmada, Kerajaan Mataram Lombok, NTB, Indonesia

Taman Narmada, Kerajaan Mataram Lombok, NTB, Indonesia

Tidak banyak orang mengetahui tentang sejarah umum Nusa Tenggara Barat. Selama abad ke-17 Belanda menduduki wilayah ini. Masyarakat Nusa Tenggara Barat masih hidup seperti nenek moyangnya dengan memancing dan berladang. Di Pulau Lombok, Kerajaan Sasak menguasai wilayah ini hingga orang Bali dan Makasar menyerang Lombok. Pertengahan abad ke-18, Kerajaan Bali memerintah wilayah ini, sedangkan Belanda menguasainya wilayah ini pada abad ke-19.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Lombok dikuasai oleh bangsawan Sasak yang kebanyakan orang muslim dan orang Bali yang beragama Hindu.

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Udara

Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Bandar Udara Internasional Lombok (kode IATA: LOP ; ICAO: WADL) (Lombok International Airport) adalah Bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Kab. Lombok Tengah, NTB. Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2011 untuk menggantikan fungsi dari Bandara Selaparang Mataram.

Maskapai Penerbangan (Domestik)

  • Garuda Indonesia (Denpasar/Bali/Balikpapan/Makasar/Surabaya/Yogyakarta/Sorong, Jakarta)
  • Merpati Nusantara Airlines (Denpasar/Bali, Surabaya)
  • Lion Air (Jakarta, Surabaya)
  • Wings Air (Denpasar/Bali, Surabaya)
  • Trigana Air
  • Batavia Air (Surabaya-Jakarta)
  • Indonesia Air Transport
  • Trans Nusa (Bema, Denpasar/Bali, Labuan Bajo (via DPS), Sumbawa)

Maskapai Penerbangan (Internasional)

  • Silk Air (Singapore)
  • Air Asia (Kuala Lumpur)

Sumber: Wikipedia Indonesia

Laut

Terdapat setidaknya 2 (dua) pelabuhan di provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Bima. Anda dapat mengunjungi Bali terlebih dahulu karena lebih mudah mengakses Nusa Tenggara Barat dari Bali. Jika Anda menggunakan transportasi laut, kapal feri Awu, Dobonsolo, Dorolonda, Kelimutu, Sirimau, Tatamailau, Pangrango dan Tilongkabila dapat membawa Anda ke Nusa Tenggara. Kapal feri pelan menghubungkan pulau-pulau kecil.

Sumber: Indonesia.Travel

Desa Adat Sasak, NTB, Indonesia

Desa Adat Sasak, NTB, Indonesia

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%). Namun demikian, orang Jawa juga dapat ditemukan di Nusa Tenggara Barat, begitu juga dengan Arab, Bugis dan Cina. Kebanyakan orang Sasak adalah orang muslim yang memiliki nilai kesopanan yang harus diperhatikan oleh wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Kerajinan Gerabah, Banyumulek, Lombok, NTB, Indonesia

Kerajinan Gerabah, Banyumulek, Lombok, NTB, Indonesia

Suku Sasak adalah sukubangsa yang mendiami pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Sebagian besar suku Sasak beragama Islam, uniknya pada sebagian kecil masyarakat suku Sasak, terdapat praktik agama Islam yang agak berbeda dengan Islam pada umumnya yakni IslamWetu Telu, namun hanya berjumlah sekitar 1% yang melakukan praktek ibadah seperti itu. Ada pula sedikit warga suku Sasak yang menganut kepercayaan pra-Islam yang disebut dengan nama “sasak Boda”.

Tenun Khas NTB, Indonesia

Tenun Khas NTB, Indonesia

Suku Bima atau Dou Mbojo adalah suku yang mendiami Kabupaten Bima dan Kota Bima dan telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Suku ini menggunakan Bahasa Bima atau Nggahi Mbojo. Menurut sejarahnya-, suku Bima mempunyai 7 pemimpin di setiap daerah yang disebut Ncuhi. Pada masa pemberontakan di Majapahit, salah satu dari Pandawa Lima, Bima, melarikan diri ke Bima melalui jalur selatan agar tidak ketahuan oleh para pemberontak dan langsung diangkat oleh para Ncuhi sebagai Raja Bima pertama. Namun Sang Bima langsung mengangkat anaknya sebagai raja dan beliau kembali lagi ke Jawa dan menyuruh 2 anaknya untuk memerintah di Kerajaan Bima. Oleh karena itu, sebagian bahasa Jawa Kuna kadang-kadang masih digunakan sebagai bahasa halus di Bima.

Sumber: Wikipedia Indonesia

Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, NTB, Indonesia

Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, NTB, Indonesia

Anda dapat menemukan seafood dengan mudah di Nusa Tenggara Barat begitu juga makanan barat banyak terdapat di sini. Makanan Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok (Sasak) biasanya makanan pedas. Ikan air tawar juga merupakan salah satu makanan favorit di sini, cobalah gurame asam manis ketika Anda berjalan-jalan di sekitar tempat ini.

Salah satu makanan yang wajib dicicipi ialah ayam taliwang, plecing kangkung dan juga sambal beberuk yang sangat pedas terbuat dari cabai, tomat dan terung. Meskipun rasanya sangat pedas, namun dapat membuat Anda ketagihan karena rasanya sangat nikmat.

Beberuk Terong, Lombok, NTB, Indonesia

Beberuk Terong, Lombok, NTB, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Peta Wisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Peta Wisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Pemerintahan di Provinsi Nusa Tenggara Barat dibagi menjadi 10 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Bima
  2. Kabupaten Dompu
  3. Kabupaten Lombok Barat
  4. Kabupaten Lombok Tengah
  5. Kabupaten Lombok Timur
  6. Kabupaten Lombok Utara
  7. Kabupaten Sumbawa
  8. Kabupaten Sumbawa Barat
  9. Kota Bima
  10. Kota Mataram

Kantor Pariwisata

Jl. Singosari 2, Mataram 83127
Tlp: (62-370) 631730, 633886, 6358474, 6387828-9
Fax: (62-370) 637233, 635274

%d bloggers like this: