Nusa Tenggara Timur

TravellersID - Visit Nusa Tenggara Timur

Sejenak lupakan dulu kehidupan dan peradaban modern di Jakarta atau berbelanja di Bandung. Mulailah berpetualang di alam terbuka yang menakjubkan di NTT, karena   keindahan alamnya sungguh luar  biasa, keunikan budaya, kenikmatan kulinernya, keramahtamahan masyarakatnya, serta biota laut yang indah dan makhluk purba langka.

Datang ke provinsi ini seolah Anda berada di Planet yang lain. Ya! Karena di sini Anda akan menemukan hal yang benar-benar luar biasa dan mencengangkan. Dari keindahan pantainya yang menawan, kekayaan buadaya yang sangat beragam, hingga bertemu dengan hewan purba komodo.

"Pink Beach", Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

“Pink Beach”, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri lebih dari 550 pulau dan didominasi beberapa pulau utama yaitu Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, Komodo dan Palue. Pulau Timor adalah pulau utama di NTT karena jumlah populasinya yang banyak. Di Pulau ini juga terdapat ibu kota NTT yaitu Kupang.

Topografis pulau ini sangat beragam, mulai dari pegunungan, landai, hutan, laut, karang, pulau-pluau kecil yang menawan, arus berputar, gelombang yang tinggi, danau, dan sebagainya sungguh menciptakan pemandangan alam yang luar biasa. Apalagi di sini juga dilengkapi dengan wisata bahari seperti diving, fishing, surving, dan outbond.

Pulau panjang yang terbentang antara Sumbawa dan Timor ini dipenuhi gunung berapi dan pegunungan terbentang indah sejauh mata memandang.

Peta Lokasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Peta Lokasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Batas Wilayah

F2F2F2">Utara Laut Flores
F2F2F2">Selatan Samudra Hindia
F2F2F2">Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat
F2F2F2">Timur Timor Leste, Provinsi Maluku, dan Laut Banda

Sumber: Indonesia.Travel dan Wikipedia Indonesia

Museum Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Museum Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dibentuk tahun 1958. Sebelumnya provinsi ini merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara yang wilayahnya mencakup Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan NTT. Pembentukkan provinsi ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 64 Tahun 1958.

Nenek moyang penghuni NTT beraneka ragam. Beberapa ahli memperkirakan bahwa nenek moyang orang NTT berasal dari ras Astromelanesoid. Hal ini dibuktikan dengan penemuan kerangka manusia yang diperkirakan berasal dari ras terebut dan berusia sekitar 3.500 tahun. Beberapa kerangka lain yang ditemukan memiliki ciri-ciri ras yang beraneka ragam, seperti dari ras Mongoloid, campuran antara Mongoloid dan Astromelanesoid, Eropoid, dan Negroid. Hal ini menunjukkan keanekaragaman penghuni  pertama NTT. Pada masa pra sejarah, penduduk hidup berpindah-pindah karena menggantungkan hidupnya pada perburuan binatang.

Mereka berpindah mengikuti arah gerak binatang-binatang buruannya. Ketika bercocok tanam mulai menjadi cara hidup penduduk, mereka tidak sepenuhnya menetap. Kadang-kadang mereka berpindah-pindah yang biasanya disebabkan oleh kedatangan penduduk baru yang lebih kuat. Yang tersingkir biasanya pindah ke daerah pedalaman.

Kerajaan-kerajaan NTT diperkirakan eksis sekitar abad ke 3 Masehi. Perkiraan ini didasarkan pada data bahwa pada abad tersebut, banyak kapal-kapal pedagang antar pulau yang membeli kayu cendana dari Sumba dan Timor. Pada abad ke 7, Kerajaan-kerajaan di NTT sudah menjalin hubungan dagang dengan Cina. Mereka mengapalkan sendiri kayu cendana untuk dijual di Cina.

Sumber: Badan Arsip Daerah NTT

Udara

Bandar Udara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Bandar Udara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Bandar Udara El Tari (IATA: KOE, ICAO: WATT) adalah bandar udara yang terletak di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kode ICAO bandara diubah dari WRKK menjadi WATT pada tahun 2004.

Maskapai Penerbangan

Maskapai Tujuan
Batavia Air Denpasar, Jakarta, Surabaya, Maumere, Waingapu
Garuda Indonesia Denpasar
Lion Air Surabaya, Jakarta
Merpati Nusantara Airlines Alor, Bajawa, Denpasar, Ende, Labuan Bajo, Makassar, Maumere, Ruteng, Tambolaka
Nusantara Buana Air Atambua, Sabu, Waingapu
Pelita Air Service Ende, Maumere
Sriwijaya Air Jakarta, Surabaya
Susi Air Atambua, Larantuka, Lewoleba, Sabu
TransNusa Air Services Alor, Bajawa, Ende, Maumere, Ruteng, Waingapu
Wings Air Ende, Maumere, Waingapu

Sumber: Wikipedia Indonesia

Laut

Kapal laut PELNI di NTT berlayar regular dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makasar, Biak, dan kota lainnya.

Tradisi Pasola, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Tradisi Pasola, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Di NTT terdapat puluhan budaya, ratusan bahasa lokal, ratusan bahkan mungkin ribuan jenis tarian rakyat, puluhan sistem tatanan sosial, model pemerintahan tradisional, dan corak kain tenunan yang indah. Sungguh sebuah tujuan wisata budaya paling eksotik dan mempesona untuk Anda kunjungi!

Masing-masing daerah di NTT memiliki bahasa dan tradisi yang berbeda. Masyarakatnya dominan beragama katolik yang dipengaruhi budaya Portugis.

Upacara Pasola Jousting di Pulau Sumba adalah salah satunya yang menarik untuk Anda lihat. Pasola adalah permainan sekelompok penunggang kuda beraneka warna yang melempar lembing dari atas kuda. Upacara ini diadakan selama bulan Februari di desa Lamboya dan Kodi juga bulan Maret di Gaura dan Wanokaka. Upacara ini dimulai beberapa hari setelah bulan purnama dan bertepatan dengan perayaan nyale yaitu menangkap cacing laut di pantai oleh warga sekitar.

Alat musik khas masyarakat NTT adalah sasando, sebuah instrumen musik yang indah suaranya.

Terdapat banyak contoh warisan budaya Eropa yang kental di sini seperti perayaan Paskah di Larantuka dan lambang Kerajaan Maumere. Dahulu dikenal dengan pulau cendana, Sumba terkenal dengan kuda dan kain ikat yang indah. Sumba Barat  terkenal dengan kubur batu, gubuk jerami tradisional dan juga gubuk serupa yang dibangun di atas bambu.

Sasando Rote, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Sasando Rote, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Kerang Masak Semboko, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Kerang Masak Semboko, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Seafood merupakan salah satu makanan utama di sini tetapi Anda juga dapat mencoba ikan air tawar gurami asam manis. Makanan khas Sasak rasanya cukup pedas. Tumis sayuran juga terkenal di sini, Cobalah plecing kangkungyang dinikmati dengan sepirirng nasi panas.

Di Kabupaten Ende Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) Anda dapat mencicipi makanan khas berupa tongkol bakar asap yang diberi kuah santan dan onde-onde singkong yang digoreng dan isi gula aren atau direbus dengan bagian luar diberi parutan kelapa.

Lawar Ikan Teri, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Lawar Ikan Teri, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Sumber: Indonesia.Travel

Peta Wisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Peta Wisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Pemerintahan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dibagi menjadi 21 kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Alor
  2. Kabupaten Belu
  3. Kabupaten Ende
  4. Kabupaten Flores Timur
  5. Kabupaten Kupang
  6. Kabupaten Lembata
  7. Kabupaten Manggarai
  8. Kabupaten Manggarai Barat
  9. Kabupaten Manggarai Timur
  10. Kabupaten Ngada
  11. Kabupaten Nagekeo
  12. Kabupaten Rote Ndao
  13. Kabupaten Sabu Raijua
  14. Kabupaten Sikka
  15. Kabupaten Sumba Barat
  16. Kabupaten Sumba Barat Daya
  17. Kabupaten Sumba Tengah
  18. Kabupaten Sumba Timur
  19. Kabupaten Timor Tengah Selatan
  20. Kabupaten Timor Tengah Utara
  21. Kota Kupang

Kantor Pariwisata

Jl. Raya El Tari 2 No. 2, Kupang 85118
Telp. (62-380) 833104, 833650
Fax. (0380) 821540,

Website www.goseentt.com atau http://www.nttprov.go.id

%d bloggers like this: